Mohon tunggu...
Seliara
Seliara Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Setetes embun pagi

Bahagia berkarya dan berbagi sebagai wujud rasa syukur

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Artikel Utama

Teknik Regrow pada Mint, Cara Menumbuhkan Tanaman dari Sampah Dapur

29 Juli 2021   15:13 Diperbarui: 31 Juli 2021   11:31 712 19 6 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Teknik Regrow pada Mint, Cara Menumbuhkan Tanaman dari Sampah Dapur
Ilustrasi tanaman mint yang dibudidayakan dengan teknik regrow | Dokumentasi pribadi 

Menanam sayuran di rumah memang sangat menyenangkan dan menyehatkan. Bisa sebagai sarana menyalurkan hobi, bersosialisasi, berkegiatan fisik, memenuhi kebutuhan dapur dan lain-lain. 

Dengan teknik urbanfarming, yaitu bertanam tanpa lahan di perkotaan yang padat, menanam sayuran di rumah bisa dilakukan siapa saja, asal punya kemauan dan ketekunan. Sekarang ini banyak komunitas urbanfarming yang dengan senang hati akan berbagi ilmu cara menanam tanpa lahan bagi pemula.

Sejak pandemi, saya bergabung dengan komunitas urbanfarming dan alhamdulillah saya mendapatkan banyak ilmu berharga. Salah satunya tentang teknik regrow dalam menanam mint.

Teknik ini sangat sederhana, mudah, murah dan tingkat keberhasilannya pun tinggi. Sebenarnya ada beberapa sayuran yang bisa ditanam dengan teknik regrow, misalnya: daun bawang, daun seledri, wortel, jahe, kentang dan lain-lain.

Pada tulisan ini saya akan fokus menulis pengalaman saya melakukan teknik regrow pada tanaman mint. 

Apakah teknik regrow itu?

Regrow atau regrowth adalah salah satu teknik berkebun yang banyak mendapat perhatian, secara leksikal berarti menumbuhkan kembali. Maka, apa pun yang dihasilkan oleh sebuah individu tumbuhan dan ditanam untuk menghasilkan individu baru bisa diartikan sebagai regrow. 

Secara gramatikal, regrow bisa disebut sebagai upaya menumbuhkan tumbuhan baru dari sisa bahan yang sudah kita konsumsi. Regrow merupakan metode yang lahir sebagai upaya untuk mengambil manfaat tambahan dari sisa konsumsi sebelum semuanya berujung di tempat sampah.

Manfaat teknik regrow antara lain kita bisa menumbuhkan tanaman baru tanpa membeli bibit, caranya mudah dan tingkat keberhasilannya tinggi. Silakan mengikuti langkah demi langkah yang tertulis di artikel ini, insyaa Allah akan bisa berhasil.

Manfaat teknik regrow yang lain adalah mengurangi sampah dapur, meski sedikit dan mengembalikannya langsung ke alam dalam bentuk tumbuhan. 

Semoga pada akhirnya aktivitas kecil itu akan akan menambah kualitas lingkungan yang baik di sekitar rumah kita. 

Pengalaman saya menanam mint dengan teknik regrow

Tanaman mint bisa diperbanyak dengan cara stek batang. Nah dalam budidaya mint menggunakan teknik ini, tak ubahnya kita melakukan stek batang, tapi bukan dari tanaman hidup, melainkan memanfaatkan batang mint yang sudah ada.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN