Mohon tunggu...
Seliara (Retno Susilowati)
Seliara (Retno Susilowati) Mohon Tunggu... Setetes embun pagi

Hidup untuk memberi manfaat

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

5 Skill yang Perlu Ditingkatkan di Bulan Ramadan

15 April 2021   02:20 Diperbarui: 15 April 2021   02:26 268 9 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
5 Skill yang Perlu Ditingkatkan di Bulan Ramadan
Gambar oleh Bert Fadly dari Pixabay

Pembatasan sosial akibat pandemi covid-19, telah mengubah suasana Ramadan selama 2 tahun terakhir. Ramadan harus dijalani dengan segala keterbatasan, banyak aktivitas mesti dilakukan di rumah. 

Meskipun tahun ini pemerintah sudah mengijinkan salat tarawih berjamaah di masjid (dengan protokol covid-19), tapi hampir semua kegiatan lain seperti ngabuburit, bagi-bagi takjil di jalan, sahur on the road, bekerja, kuliah bahkan mudik lebaran pun dibatasi dengan aturan yang ketat.

Semua itu dilakukan untuk memutus rantai penyebaran virus covid-19 yang sudah banyak memakan korban. Supaya pandemi ini cepat berlalu, kita harus bekerja sama untuk mewujudkannya. Salah satunya dengan melakukan kegiatan dari rumah, keluar rumah hanya bila sangat perlu.

Meski lebih banyak di rumah, kita masih tetap bisa produktif. Banyak hal bermanfaat yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu selama Ramadan.

Berikut ini adalah 5 skill yang bisa kita asah selama bulan Ramadhan di tengah pandemi Covid-19. Yuk, kita simak!

1. Membaca Al Qur’an dan memperdalam pengetahuan agama

Mengisi Ramadan dengan banyak membaca Al Qur'an merupakan hal baik yang sangat dianjurkan untuk umat muslim. Bagaimana bila belum lancar membacanya? 

Kemampuan membaca Al Qur'an bisa ditingkatkan dengan sering latihan dan ikut kursus secara online. Jadi tidak ada halangan untuk belajar meski sedang pandemi, ada banyak kursus online yang bisa diikuti dari rumah. 

Selain kemampuan membaca Al Qur'an, kemampuan lain yang perlu ditingkatkan saat bulan Ramadan adalah pemahaman tentang agama. Hal ini bisa dilakukan dengan banyak membaca, mengikuti kajian online bersama ustadz di media sosial atau kajian-kajian secara virtual. 

Pemahaman agama secara benar akan menuntun setiap muslim menjadi hamba Allah yang membawa berkah buat diri dan lingkungannya. Hal ini sesuai dengan tuntunan Islam sebagai agama rahmatan lil 'alaamiin, rahmat bagi alam semesta.

2. Meningkatkan Skill Memasak

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN