Mohon tunggu...
Sekar Wijayanti
Sekar Wijayanti Mohon Tunggu... pelajar/mahasiswa -

fans sejati soto ayam.

Selanjutnya

Tutup

Catatan Pilihan

Jangan Takut Bermimpi, karena Banyak Hal Berawal dari Sana

25 Desember 2014   06:58 Diperbarui: 17 Juni 2015   14:30 11
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Segalanya akan lebih mudah dengan internet, lebih tepatnya internet dengan kualitas jaringan yang bagus. Segala macam informasi bisa kita dapatkan ibaratnya dengan sekali pencet. Dan sebaliknya, segala macam informasi dapat kita posting di internet. Karena itulah, kita harus bijak dalam menggunakan kemajuan teknologi ini.

Saya hidup di desa, dimana belum terlalu banyak yang menggunakan internet, kecuali penduduk usia mudanya. Itu juga biasanya sebatas social media dan musik. Lalu, apa yang ingin saya lakukan seandainya saya mendapat paket internet gratis? Banyak sekali mimpi-mimpi saya sebenarnya, yang saya harap adalah langkah untuk berbuat sesuatu untuk masyarakat dan lingkungan.

Untuk saya, keluarga saya, dan teman-teman saya

Berawal dari hobi membuat kue, membuat kerajinan dari flanel, dan juga merajut, saya ingin sekali menjual “produk” hasil hobi saya lewat online. Saya ingin mengajak sahabat-sahabat saya ikut mengelola “bisnis” saya nanti. Dengan memaksimalkan internet ini, saya berharap produk saya bisa banyak mendapat peminat. Saya membayangkan, saya akan bisa mengajak teman dan tetangga saya untuk membantu membuat dan memasarkan produk ini karena memang merupakan hasil tangan dan bisa dikerjakan di rumah.

[caption id="attachment_361653" align="aligncenter" width="300" caption="hasil hobi saya (sumber: dokumen pribadi. sekarwn)"][/caption]

Saya ingin mengajari orangtua saya, terutama Bapak saya mencari berita lewat internet. Dengan begitu beliau setiap pagi bisa update berita terkini, sambil menunggu warung kelontong (kebetulan Bapak saya buka warung) bisa sambil baca berita. Untuk Ibu saya, karena beliau adalah seorang Guru SLB, saya ingin sekali membantu untuk mencari bahan-bahan pengajaran untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Seperti apa-apa inovasi-inovasi dalam metode pembelajaran, kemudian perkembangan metode pengajaran baru yang mungkin lebih baik dari sebelumnya, atau juga cara bermain dan belajar yang tepat untuk anak-anak. Saya berharap, Ibu saya akan membagi “ilmu baru” kepada teman-teman sesama Guru di sekolah. Ini akan berguna tidak hanya untuk Ibu saya sebagai Guru, tetapi juga untuk para siswa. Harapannya akan memberikan dampak yang bagus, paling tidak untuk lingkungan sekolah SLB tempat Ibu saya mengajar.

Akhir-akhir ini, kakak saya juga sering “curhat” ingin sekali berjualan baju online. Selama ini, biasanya dia hanya menggunakan internet untuk facebook dan juga Googling untuk pertanyaan anaknya yang kurang dimengerti. Sudah lama sebenarnya dia ingin sekali diajari cara jualan online. Saya ingin dia belajar berjualan online dan belajar dari beberapa orang yang selama ini sukses dengan toko online-nya.

Tahun lalu, saya sempat mengajak teman saya yang ahli desain baju, berjualan baju lewat online. Saya ingin menjual baju hasil desain dan jahitan sendiri, dengan ukuran big size, mengingat kadang ukuran ini agak sulit didapat. Teman saya sempat memasarkan hasil jas hasil desainnya, tapi berhenti di tengah jalan karena belum bisa mengatur modal dan hasil keuntungan. Dengan internet gratis ini, saya ingin sekali meneruskan rencana-rencana kami dan juga bisnisnya yang sempat terhenti. Disamping itu, karena dia juga seorang penata rias pengantin, saya ingin membantu dia “menjual” hasil karya riasannya secara online, bisa saja dengan membuat blog pribadi.

Masyarakat butuh inspirasi sekaligus sebagai sumber inspirasi

Ini berkaitan dengan keinginan saya menjual “produk” saya. Ketika saya berhasil memasarkan produk dengan jumlah yang besar, saya berharap ini menjadi lahan pekerjaan yang baru untuk masyarakat di sekitar saya. Saya ingin maju bersama orang-orang di sekitar saya. Setiap tahapan ini akan saya share kepada banyak orang, misal lewat media social atau blog. Saya ingin sekali banyak orang yang bisa terinspirasi dan termotivasi untuk kemudian mengajak masyarakat melakukan hal-hal baik bersama-sama.

Mimpi saya untuk lingkungan saya bukan hanya untuk masyarakat usia muda sampai tua, tetapi juga untuk anak-anak di lingkungan saya. Dengan internet, saya ingin membuat mereka bermimpi mulai dari kecil. Mengajak mereka menonton film edukatif bersama, kemudian juga mengajak mereka menonton video-video yang mendidik. Tentang pendidikan, tentang kesehatan, juga tentang cita-cita. Saya ingin mereka memiliki cita-cita sejak kecil. Dan saya ingin mereka sharing satu sama lain tentang cita-cita mereka dan kami bersama-sama memerankan ingin menjadi apa kami nanti. Seperti misalnya, sesuai cita-cita, mereka memerankan dokter atau guru atau polisi dan yang lain sebagai pasien atau murid atau masyarakat, dan sebagainya. Saya akan memvideokan ini semua, kemudian saya posting dan semoga ini menjadi hal yang baik, memberi inspirasi untuk banyak orang, dan kemudian membuat banyak orang untuk berani bermimpi dan mengambil langkah untuk mewujudkannya.

[caption id="attachment_361655" align="aligncenter" width="300" caption="Saya ingin mengajak mereka bermimpi (sumber: dokumen pribadi. sekarwn)"]

1419440188118918589
1419440188118918589
[/caption]

Saya ingin mengakses informasi-informasi program pemerintah untuk masyarakat misalnya hibah atau bantuan, dan kemudian saya teruskan kepada pihak terkait di lingkungan saya. Saya berharap, program dari pemerintah akan dapat diakses dengan mudah dan akan tepat sasaran sehingga tujuan membangun masyarakat lebih baik dapat tercapai semaksimal mungkin.

Selain itu, saya akan sebaik mungkin mengenali potensi di sekitar saya, dan saya ingin sekali berbagi dengan banyak orang. Saya ingin banyak memposting di media sosial tentang indahnya pantai dekat rumah, melimpahnya padi dari sawah-sawah yang dikelola petani sekitar, hasil ternak di desa saya, dan sebagainya. Saya ingin mereka tahu bahwa Tuhan sangat bermurah hati pada kita, pada Indonesia.

Mereka juga Butuh Tahu Mana yang Perlu di Bantu

Tujuan dibalik keinginan saya bisa menjual produk-produk saya adalah ingin membantu beberapa warga yang selama ini masih tergolong pra sejahtera. Dengan adanya lapangan usaha baru, saya berharap dapat membantu perekonomian mereka. Dengan perbaikan ekonomi, mereka akan dengan mudah mencukupi kebutuhan gizi keluarga dan yang juga penting adalah pendidikan anak-anak mereka. Dengan begitu, akan ada generasi-generasi yang baik, dengan tingkat kesehatan dan pendidikan yang tinggi. Untuk menciptakan Indonesia yang baik, kita membutuhkan sumberdaya manusia yang baik pula. Inilah pentingnya kita mengambil langkah nyata untuk generasi yang akan membuat Indonesia jauh lebih baik.

Aktivitas sosial yang masuk ke mimpi saya selanjutnya adalah memberi “berita” kepada orang yang mampu bahwa banyak orang di sekitar kita yang membutuhkan uluran tangan. Bukan berarti kemudian dianggap menjual rasa iba. Tetapi kenyataannya ada beberapa orang yang harus diketuk hatinya. Dan ada beberapa orang yang sebenarnya ingin membantu, tetapi tidak siapa yang tepat untuk dibantu. Saya ingin share (bisa lewat apapun misalnya facebook, twitter, blog) pengalaman saya, teman-teman saya, atau siapapun mengenai kondisi di beberapa tempat (misalnya panti asuhan) yang memang memerlukan bantuan.

Ini semua mimpi-mimpi saya, andai saya mendapat internet gratis selama setahun penuh. Tidak hanya untuk diri saya sendiri, tetapi juga untuk lingkungan dan banyak orang. Untuk menciptakan Indonesia yang Lebih Baik, bukankah kita harus melangkah bersama-sama?

Mohon tunggu...

Lihat Catatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun