Pada kesempatan kali ini saya akan menjabarkan tentang proposal bisnis " Monde de donas " dengan menggunakan analisis STP dan 5P.
STP dan 5P adalah dua model strategis yang digunakan dalam perencanaan bisnis untuk mengidentifikasi dan mengembangkan rencana pemasaran yang efektif. STP itu sendiri adalah singkatan dari Segmentation, Targeting dan Positioning. Sedangkan 5P adalah singkatan dari Product, Price, Place, Promotion dan People. Berikut penjelasan singkat mengenai STP dan 5P dalam konteks bisnis Monde de donas.
STP (Segmentation, Targeting, Positioning)
Segmentation (Segmentasi):
Pada bagian Segmentation ini pada bisnis Monde de donas saya memilih pasar masyarakat umum tanpa Batasan usia khusunya Mahasiswa / Pelajar / Pegawai / Kalangan Masyarakat lainnya. Saya memilih ini karena makanan donat sendiri cukup bayak peminatnya khusunya para pecinta makanan manis dan juga memiliki harga yang terjangkau untuk semua kalangan, dengan berlokasi di Tengah jantung kota membuat Monde de donas ini cukup mudah di temukan dan cukup bisa untuk bersaing dengan tempat makan tempat makan yang belokasi cukup dekat dengan outlet yang ada.
Targeting (Pemilihan Sasaran):
Setelah melakukan segmentasi , target penjualan untuk Monde de donas itu sendiri ialah Masyarakat yang menyukai makanan manis dan para masyarakat umum yang juga menyukai makanan manis dengan beberapa varian untuk di coba.
Positioning (Penempatan):
Monde de donas ini memposisikan produknya sebagai makanan manis yang dapat di nikmati oleh semua umur dan semua kalangan , serta juga memposisikan sebagai cemilan lezat yang memiliki beberapa varian untuk di coba. Dengan harga yang terjangkau masyarakat umum sudah bisa menikmati makanan / cemilan lezat dengan berbagai rasa yang di berikan oleh Monde de donas dan sangat cocok untuk menemani segala aktivitas pembeli.
5P (Product, Price, Place, Promotion, People)