Mohon tunggu...
Sekar Asyifa Nur Abiyyah
Sekar Asyifa Nur Abiyyah Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga (20107030018)

Mahasiswa yang belum rajin.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Artikel Utama

Self Reward, "Hadiah" Buat Dirimu yang Sudah Bekerja Keras

5 Maret 2021   10:54 Diperbarui: 5 Maret 2021   22:10 378 20 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Self Reward, "Hadiah" Buat Dirimu yang Sudah Bekerja Keras
sumber gambar: pinterest.com / Illuminate Classes

Pernah dengar gak tentang self reward? Apa sebenarnya self reward ini? Dan seberapa penting sih?

Self reward sendiri berarti sebuah "hadiah" yang diberikan oleh seseorang pada dirinya sendiri setelah mencapai keinginannya, menyelesaikan suatu pekerjaan, atau setelah mereka merasa mereka sudah bekerja cukup keras selama ini. 

Hal tersebut penting untuk mendorong dirimu atau sekadar memberi semangat pada diri sendiri untuk mencapai bermacam-macam target yang sudah ditentukan.

Memberi semangat? Yup! Ketika kita melakukan atau menyelesaikan sesuatu dan diakhiri dengan hasil yang memuaskan, tentu saja kita akan senang bukan? 

Dan pikiran kita bakal otomatis mengulang memori tersebut. Kita bakal mengerjakan sesuatu dengan yakin dan percaya diri karena kita sudah tau kalau diakhir nanti kita bakal menerima hasil atau "hadiah" yang menyenangkan.

Sebenarnya, self reward ini cocok diterapkan oleh siapa pun, mau tua, muda, anak sekolah atau pun pekerja kantoran.

Sebagai contoh, self reward untuk anak sekolah yang selalu dikelilingi oleh tugas yang rasanya seperti gak ada habisnya. 

Kalian gak perlu khawatir, kerjakanlah tugas-tugas itu secara perlahan. Yakin dan percaya diri lah pada pekerjaanmu sendiri. Kemudian berikan dirimu hadiah di akhir nanti. Sehingga kerja kerasmu selama mengerjakan tugas itu gak akan terasa sia-sia.

Emangnya hadiah-hadiah semacam apa sih yang bisa kita berikan ke diri sendiri? Ada banyak hal yang bisa dijadikan "hadiah" buat diri sendiri, seperti marathon serial favorit kalian setelah selesai ujian,.

Piknik bersama teman-teman terdekat, makan coklat yang udah kalian simpan di kulkas, atau sekadar tidur tepat waktu. Simpelnya, berikan apapun yang bisa bikin kamu senang dan yang pasti kamu nikmati nantinya.

Hadiah-hadiah di atas bisa dibagi jadi dua, yaitu hadiah eksternal dan hadiah internal. Hadiah eksternal adalah hal-hal atau pengalaman yang kalian berikan ke diri sendiri, seperti hari libur kerja, makanan favorit, atau short trip yang menyenangkan, dan hal-hal semacam itu. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x