Mohon tunggu...
Sejo Qulhu
Sejo Qulhu Mohon Tunggu... Penulis - Travel Writter Travel Vloger

Saya santri kampung, tapi bukan santri kampungan!

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Youtubeku Sudah Di-monetize, Mang Sejo Siap Jadi Youtube Avonturir Santri

21 Februari 2021   00:36 Diperbarui: 21 Februari 2021   00:44 567
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Oleh Sejo Qulhu

20-02-2021

Perpustakaan Rumah Dunia

Mang Sejo menuliskan cerita ini di perpustakaan areal dalam di Rumah Dunia. Tempat yang nyaman untuk membuat sebuah karya. Suasananya hening, buku yang terkadang berseraan dan acak-acakan mereka telah menemani hari-hariku. Telah lahir video di kanal yutubku dan Rumah Dunia TV hampir seluruhnya aku produksi di sini.

Keheningan dan kesendirian bagiku adalah sesuatu yang sangat berharga. Apalagi pandemi covid yang hampir setahun ini malah membuatku terus bersemangat membuat karya. Meski belum seberapa, akan tetapi tangganya telah kubuat yang sebentar lagi akan kupetik buahnya. Membaca, menulis, mengedit video, desain, dan juga bisnis di Marketplace Rumah Dunia Store semua itu kulakukan dengan getol dan ulet di perpustakaan ini.

Berproses menjadi youtuber itu sangatlah menyenangkan, tiap hari mengcek youtube studio untuk memastikan dan menghitung berapa lagi jam tayang hingga terpenuhi 4000 jam. Tapi itu tak jadi patokan ku. Kini jam tayangku sudah terpenuhi tepat ditanggal yang cantik 20-02-2021. Perbekalanku untuk jadi youtuber semua berawal belajar di Rumah Dunia.

Pada awalnya aku memperhatikan relawan senior yang sedang bekerja di Rumah Dunia (RD TV), sebut saja Bang Iyoey mantan editor dan kameramen di Rumah Dunia TV, Bang Rudi, Bang Djoe Taufik saya mempelajari kepedeannya di depan kamera. Juga Mas Gong yang mengajakku traveling ke luar kota.

Tentu pengalaman yang paling berharga bagiku adalah ketika aku diajak traveling sama Mas Gong ke Jakarta dan Jogja. Di sana aku diamanahi menjadi kameramen dan editor video di kanal youtubenya. Saat itu aku belum kepikiran untuk mengembangkan channelku atau jadi yutuber. 

Setelah pulang traveling, editan video kan numpung banget tuh. Aku edit videonya satu persatu, saat itu aku mulai tertarik untuk memahami dan mempelajarinya. Sebenarnya ini tuh apa ya Mas? "Ini tuh kalau dalam tulisan namanya catatan perjalanan Traveller Vlogger," kata Mas Gong.

500028100240-507688-60314812d541df5cf3488212.jpg
500028100240-507688-60314812d541df5cf3488212.jpg
Lama kelamaan semua itu terpatri dalam otakku pelan-pelan aku mempunyai keinginan untuk membesarkan kontenku sendiri. Saat memulai berproses jadi yutuber apa saja videonya, tak aplod gado-gado pokoknyamah. Karena belum tau target penontonnya untuk siapa dan jenis kontennya apa!

Aku menyadari bahwa ilmu yang aku miliki masih sebijil Korong di hidung, hehe. Saat berproses, aku rajin menonton tutorial editing video di youtub juga menonton konten yutuber terkenal. Juga tak lupa menonton tips menjadi youtuber.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun