Mohon tunggu...
Sejo Qulhu
Sejo Qulhu Mohon Tunggu... Penulis - Travel Writter Travel Vloger

Hargailah waktumu bacalah buku, lalu menulislah, rekamlah, jalan-jalanlah. Maka Berbahagialah❤

Selanjutnya

Tutup

Hiburan Pilihan

Belajar Film di Rumah Dunia

24 Agustus 2020   23:41 Diperbarui: 24 Agustus 2020   23:38 18 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Belajar Film di Rumah Dunia
dok. pribadi

Oleh: Sejo Qulhu

Hari ini adalah pertama kali saya ikut menggarap film bersama Rolling Action, RG Kedung Kaban. Pengalaman berharga ini, tidak pernah saya dapatkan di kampus dan kampung halaman.

Sebelumnya saya memang senang menonton film, memegang kamera (meski saya belum begitu tahu cara mengoprasikannya). Juga menggarap film pendek di Gol A Gong TV.

Dan hari ini, Senin tanggal 23 Agustus 2020 saya diajak Kang Igun, menjadi bagian team dalam menggarap film pendek
"Surga Di Kampung Halaman".

"Jodi, isukan sibuk henteu? Lamun teu sibuk milu jeung saya nyieun film di Waringin Kurung." tanya Kang Igun kemarin malam di Rumah Dunia.

"Siap Kang..." Jawab saya. Pengalaman ini jangan sampai saya sia-siakan meumpeng masih ngora. Juga belum begitu banyak kesibukan. Pantasnya memang diusia saya ini, seharusnya selalu meningkatkan kapasitas diri, mengasah hobi. Gerutu saya dalam hati.

Saya merasa beruntung bisa bergabung di Rumah Dunia. Bisa belajar kepada sang ahli dalam berbagai bidang. Di Rumah Dunia, banyak sekali yang harus saya pelajari juga perdalam. Seperti saat ini, saya belajar menulis cerpen, menulis skenario, dan membuat konten YouTube bersama Mas Gol A Gong dan Abang-abang relawan yang lain.

Di Rumah Dunia, saya belajar membuat film dibimbing oleh Kang Igun. Berawal dari menggarap film Putri Duyung yang Baik Hati, yang mana film tersebut dimainkan oleh anak-anak kampung Ciloang. Saya diminta untuk mengkoordinir pemain. Saya banyak bertanya seputar dunia perfilman, belajar tekhnis memegang kamera, meskipun saya masih goyang, belum stabil. Memang jam terbang selalu menentukan kapasitas kita.

Selain itu, ketika Kang Igun sedang mengedit video, saya diam-diam memperhatikan dan mempelajarinya. Bagi saya, itu sebuah momentum untuk membangkitkan semangat belajar dan berkarya. Karena di Rumah Dunia saya selalu dipacu untuk membuat karya. Semoga dengan aktivitas baru ini, bisa bermanfaat bagi saya untuk membangun SDM kreatif di kampung halaman. Dan semoga saya bisa mewujudkan mimpi saya, membangun tempat belajar.

Walaupun saat ini, saya masih berada di dasar (baca: pemula) mempelajari dunia perfilman, penulisan dan grafis. Tentu perjalanan panjang harus saya lewati dan menikmatinya. Sehingga pengalaman hidup saya berguna dan menginspirasi bagi anak saya kelak. Semoga.

Rumah Dunia

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x