Mohon tunggu...
Pretty Sefrinta Anggraeni
Pretty Sefrinta Anggraeni Mohon Tunggu... Guru

Never stop learning. Never stop thinking | Ig: sefrintapretty

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Mendidik Generasi ABCD (Aqil, Baligh, Cerdas, Dewasa)

2 Februari 2020   22:48 Diperbarui: 2 Februari 2020   22:56 276 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mendidik Generasi ABCD (Aqil, Baligh, Cerdas, Dewasa)
https://www.picuki.com/tag/Fitrahmanusia

Konsep Remaja
Remaja adalah sebuah fenomena. Istilah remaja itu adalah istilah yang dikenal pada akhir abad 19 atau awal abad 20. Sebelumnya tidak ada istilah remaja. 

Istilah remaja muncul sejak era Revolusi Industri dan sekolah. "Kenapa orang barat membuat konsep remaja?", karena istilah remaja adalah teori konspirasi era revolusi.

Remaja Sebuah Tragedi
Remaja adalah kondisi dimana mereka sudah baligh, namun belum aqil. Bukan anak tapi sudah dewasa. Periode transisional dengan rentang sangat panjang. Tidak produktif, bahkan konsumtif, dan destruktif. Remaja adalah generasi galau, bingung dengan identitas, status, dan posisi sosial.

Penelusuran Ilmiah tentang Remaja
Seluruh literatur ilmiah hingga akhir abad 19 tak mengenal terminology remaja. Berubah-ubahnya periodisasi masa remaja (Hurlock) membuktikan bahwa fase ini tidak ajeg. 

Dalam sebuah penelitian psikologis lintas budaya membuktikan bahwa fenomena remaja itu tak universal. Pada suku-suku terasing di Samoa (the study of Samoa), Papua, Baduy dalam, konsep atau ciri-ciritu remaja tidak tampak pada masyarakat disana. 

Periodisasi perkembangan kognitif (Piaget), seksual (Freud), social (Erikson) dan moral (Kohlberg) tak mengenal fase remaja. Dalam dunia kedokteran hanya ada istilah Pedagogi untuk anak dan Andragogi untuk Dewasa. Tidak ada istilah remaja.

Aqil Baligh dalam Islam
Islam mengenal istilah Aqil Baligh. Baligh adalah kedewasaan fisik, sedangkan Aqil adalah kedewasaan mental. Masalah terjadi ketika Baligh dan Aqil ini tidak sepaket berjalan bersamaan. Baligh berhubungan dengan nutrisi. Para bunda over sukses dengan memberi nutrisi pada anak, sehingga kini masa baligh bisa terjadi pada usia sangat dini seperti 9 tahun.

Sedangkan Aqil berhubungan dengan kedewasaan mental, yang menurut teori psikologi makin lama makin lambat munculnya. Kedewasaan mental kini muncul di usia 22-24 tahun. 

Di sinilah masalah muncul. Kita pun mengenal istilah remaja. Sudah Baligh tapi belum Aqil. Terciptalah periode transisional dalam rentang yang panjang. Dalam Al Quran juga disebutkan mengenai perlunya kita berlindung dari masa-masa transisi seperti ini.

Dalam Islam, Aqil dan Baligh disiapkan dalam 1 paket. Tidak bisa dipisah-pisah. Paling lambat usia 15 tahun Aqil dan Baligh itu sudah bisa tercapai. Bagaimana caranya? Siapa yang bertanggung-jawab meng-aqilbaligh-kan anak?

Perlu dipahami bahwa penanggung jawab utama pendidikan adalah ayah. Bukan bunda! Bunda adalah pelaksana pendidikan. Dalam sejumlah referensi islami ditemukan tokoh parenting yang terkenal adalah laki-laki. Ada nama Lukmanul Hakim, seorang budak berkulit hitam yang petuah-petuahnya untuk anak-anaknya menjadi referensi parenting hingga kini. Namanya bahkan diabadikan dalam Al Quran.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x