Mohon tunggu...
Sefia Niken Arnetta
Sefia Niken Arnetta Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Negeri Surabaya

Menjadi seorang mahasiswa yang aktif dalam bidang non akademik dan akademik menjadikan saya mempunyai banyak wawasan, ilmu dan pengalaman. Dan menjadi seorang atlet adalah bagian dari mimpi saya. Keep spirit and never give up

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Praktik Kerja Lapangan (PKL) Mahasiswa Fakultas Ilmu Olahraga Universitas Negeri Surabaya di TSOT Outbound

30 November 2022   08:04 Diperbarui: 30 November 2022   08:13 199
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Praktik Kerja Lapangan (PKL) adalah salah satu bentuk emplementasi pendidikan dari bangku perkuliahan dengan cara memberikan pengalaman belajar praktis bagi mahasiswa untuk berpartisipasi aktif dengan dunia kerja, serta salah satu program matakuliah dari prodi S1-Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Surabaya. Dengan adanya tujuan Praktik Kerja Lapangan (PKL) diharapkan dapat dijadikan sebagai pengalaman yang relevan dengan bidangnya masing-masing, meluaskan wawasan dan pandangan mahasiswa, meningkatkan  serta mengembangkan sikap profesional, dan lain-lain.

5 mahasiswa dari Fakultas Ilmu Olahraga, Jurusan Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi yang bernama Nararia Kirana Bhakti, Rizki Setiawan, Ragil Joyo, Sefia Niken, dan Zuhan Aprilliana melaksanakan PKL di The Survival Outbound Team (TSOT) yang berlokasi di Lebaksari, Prigen, Pasuruan, Jawa Timur. Kegiatan PKL dilaksanakan pada 1 September - 30 November 2022. TSOT Outbound merupakan tempat wisata yang disajikan dengan konsep outbound indoor maupun outdoor. TSOT Outboud juga sebuah usaha jasa yang bergerak di bidang pelatihan sumber daya manusia dan pelayanan jasa tour atau trainer. 

dokpri
dokpri

Dalam hal ini, mahasiswa yang melaksanakan PKL juga ikut serta dalam membantu berjalannya kegiatan para peserta outbound. Menurut Rizki Setiawan selaku ketua PKL di TSOT mengungkapkan bahwa, mereka di TSOT mendapatkan banyak sekali ilmu dan pengalaman yang belum pernah didapat sebelumnya. Di TSOT Outbound banyak sekali ilmu yang bisa diterapkan dalam bidang sport science seperti, olahraga rekreasi, olahraga tradisional, penanganan cedera, dan lain-lain.

TSOT Outbound memiliki banyak sekali customer yang kebanyakan berasal dari SMP dan SMA yang bertujuan dengan melaksanakan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) dan Kegiatan Kepramukaan. Salah satunya yaitu dari SMP Trikarya Surabaya yang melaksanakan kegiatan LDKS dan SMKN 4 Kota Surabaya dengan kegiatan Penerimaan Tamu Ambalan (PTA) Gerakan Pramuka yang dilaksanakan di Batu, Malang.

dokpri
dokpri

Kegiatan LDKS maupun Kepramukaan di TSOT Outbound di konsep dengan baik yang diimbangi dengan kegiatan di dalam ruangan (indoor) dan luar ruangan (outdoor)  agar para peserta tidak jenuh dan menikmati kegiatan yang dilaksanakan. Kegiatan di dalam ruangan dapat berupa pemberian materi mengenai public speaking, etika, proposal, dan lain-lain. Sedangkan, di luar lapangan dapat berupa seperti, Outbound bersama, outbound rally, senam, hingga tracking.

 Kegiatan pelaksanaan PKL dari mahasiswa Fakultas Ilmu Olahraga selama 3 bulan dapat berjalan dengan lancar. Dan pada Minggu, 27 November 2022 pelaksanaan PKL di TSOT Outbound di tutup oleh direktur dari TSOT Outbound dan dosen pendamping lapangan yang diharapkan dapat memberikan wawasan dan pengalaman dalam dunia kerja bagi mahasiswa yang mungkin dapat diterapkan di kemudian hari. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun