Mohon tunggu...
Samuel OrdoFransiskan
Samuel OrdoFransiskan Mohon Tunggu... Samuel

Asal Sekura Kalimantan Barat, Keuskupan Agung Pontianak. Sekarang Profesi sebagai Jurnalis Majalah Duta, dan PenaKatolik. Sedang menempuh pendidikan S2 di UNTAN Pontianak mengambil jurusan Manajemen Pemasaran.

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Tili Put Kai Nyin-Kai Nyin Put Tili

21 Juli 2020   15:11 Diperbarui: 21 Juli 2020   15:10 22 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tili Put Kai Nyin-Kai Nyin Put Tili
Dok. pribadi

Tili Put Kai Nyin-Kai Nyin Put Tili  lagi-lagi masih seputar pepatah Tionghua Hakka Singkawang. Belum lama ini, saya berdiskusi dengan Ayah, terkait bagaimana menjadi orang yang sabar. Dalam perbincangan itu, ia tampak senyum-senyum sendiri sambil menceritakan perumpamaan seorang anak kecil. 

"Dek, coba kamu lihat adik mu yang masih kecil itu. Apakah wajar jika ia tidak tahu untuk menukang, atau membedakan yang mana yang baik dan mana yang tidak baik? katanya, sambil menunjuk adik saya yang umurnya 3 tahun. 

Enggak lah Pa, jawab ku. 

Nah, itulah yang dimaksud, ada istilah Hakka yang mengatakan "Tili Put Kai Nyin-Kai Nyin Put Tili" (Kalau kita tahu orang itu tidak bisa, maka jangan kita beri kesulitan lagi pada orang itu)," begitulah kurang lebih maknanya."

Kalau kita tahu, maka kita lah yang harus hati-hati. 

Kalau ada orang yang jahat sekalipun dengan kita, anggap saja mereka tidak tahu apa yang mereka lakukan. Jangan salahkan mereka yang mungkin tampak salah atau mereka yang sengaja bikin kesalahan, biarkan saja, cukup kita yang hati-hati," ujarnya. 

Saya terdiam sejenak dan kembali lagi kami melanjutkan makan malam kami. 

Senja Hari, di Lintang Batang, catatan Tahun 2019 ....

VIDEO PILIHAN