Mohon tunggu...
Sayli Salsabila
Sayli Salsabila Mohon Tunggu... Mahasiswa

Bukan arus bukan juga ikan mati

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Video Edukasi Budidaya Hidroponik untuk Desa Ngenep oleh Mahasiswa KKN UM 2020

4 Juli 2020   23:19 Diperbarui: 4 Juli 2020   23:46 21 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Video Edukasi Budidaya Hidroponik untuk Desa Ngenep oleh Mahasiswa KKN UM 2020
Mahasiswa KKN Tematik UM 2020 bersama Sekretaris Desa dan Kelompok Tani Desa Ngenep Saat Sosialisasi Program Kerja (dok. pribadi)

MALANG - Ditengah wabah Covid-19 yang sedang terjadi, tidak menyurutkan semangat mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN).

KKN merupakan bentuk kegiatan pengabdian oleh mahasiswa kepada masyarakat setingkat desa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral. Kegiatan KKN tahun ini, mahasiswa kelompok VII KKN Tematik Biologi UM 2020 mengabdi di Desa Ngenep, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang.

Adanya wabah Covid-19 yang terjadi, seluruh masyarakat Indonesia dianjurkan untuk menerapkan physical distancing. Akan tetapi mahasiswa kelompok VII tidak kehabisan ide, mereka mengemas metode hidroponik dalam video edukasi yang menarik yang dapat disebarluaskan kepada seluruh warga Desa Ngenep secara online.

Mahasiswa KKN Tematik UM menyerahkan video edukasi budidaya hidroponik ke Sekretaris desa dan Kelompok Tani kampung tangguh yang berlokasi di Pondok Tani Dusun Baba'an Desa Ngenep.

Video edukasi hidroponik yang dibuat berisikan materi hidroponik yang sangat lengkap mulai dari pengertian, jenis hidroponik, benih tanaman hidroponik, keuntungan dan kelebihan hidroponik hingga aplikasi hidroponik.

Dalam video tersebut juga disertakan cuplikan pengusaha sayuran hidroponik yang sukses. Hal tersebut tentu saja untuk meningkatkan minat warga supaya tertarik melakukan program hidroponik ini.

''Semoga adanya video edukasi ini sedikit banyaknya membawa manfaat untuk Desa Ngenep, melihat isi video yang sudah mencakup prinsip hingga aplikasi budidaya hidroponik '' Ungkap M. Syafi'i selaku Bendahara Kelompok Tani Kampung Tangguh Desa Ngenep, Sabtu (4/7/2020).

Penyerahan Video Edukasi Budidaya Hidroponik kepada Kelompok Tani Kampung Tangguh Desa Ngenep (dok. pribadi)
Penyerahan Video Edukasi Budidaya Hidroponik kepada Kelompok Tani Kampung Tangguh Desa Ngenep (dok. pribadi)

Desa Ngenep mempunyai lahan yang luas serta masyarakat yang hampir secara keseluruhan berpotensi sebagai petani. Oleh karena itu, bertani secara modern seperti hidroponik sangat cocok untuk diaplikasikan.

Bertani secara hidroponik mempunyai kelebihan waktu dan media yang lebih efektif jika dibandingkan dengan bertani secara konvensional. Selain itu hasil panennya juga lebih menguntungkan.

Budidaya hidroponik dapat diimplementasikan selama work from home, anak-anak hingga orang dewasa dapat menerapkannya untuk mengisi kegiatan selama #dirumahsaja. Video edukasi hidroponik ini diharapkan dapat mengedukasi warga Desa Ngenep sehingga dapat menambah informasi baru mengenai bertani secara hidroponik.

VIDEO PILIHAN