Mohon tunggu...
Widia paramita
Widia paramita Mohon Tunggu... Ada

Menulis lalu menulis lagi...

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Sehat Itu Simple

16 November 2019   18:11 Diperbarui: 16 November 2019   18:19 92 1 0 Mohon Tunggu...

Banyak orang yang tidak begitu paham bagaimana caranya untuk menjaga dirinya tetap sehat,  baik secara fisik dan mental.  Padahal hidup sehat adalah kunci panjang umur.  Artinya,  semakin bahagia seseorang, maka besar pula kemungkinannya orang tersebut hidup lebih lama.

Perlu diketahui, gaya hidup seseorang juga dipengaruhi oleh aktifitas sehari-harinya seperti pikiran, makanan dan waktu istirahat.

Pada dasarnya setiap orang pasti ingin hidup sehat, namun seiring dengan berkembangnya zaman dan kesibukan, terkadang kita menjadi lupa menjalani pola hidup sehat guna menjaga kesehatan.  Hasilnya, kita menjadi tersangka berbagai macam penyakit dan tidak jarang penyakit tersebut adalah penyakit serius.

Jika kita sudah terkena penyakit, maka akan banyak hal yang merepotkan. Kita harus mengeluarkan buset untuk pergi ke dokter dan membeli obat, aktifitas kita menjadi tertunda, tugas kita menjadi menumpuk, dan kita akan merepotkan orang lain karena kita pasti membutuhkan bantuan sehingga mereka harus merawat kita. Ini hanya sebagian hal dari banyaknya kerepotan yang terjadi saat kita sakit. Untuk menghindari hal tersebut, kita bisa praktekan beberapa cara sebagai berikut:

1. Pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan halal
Makanan adalah salah satu faktor utama dalam hidup sehat jasmani ataupun rohani. Kamu dapat mengkonsumsi makananmu dengan makanan yang penuh gizi seperti rendah gula, kaya serat dan banyak vitamin. 

Makanan penuh gizi akan sangat membantu untuk menjadikan tubuh kamu lebih sehat. Selain kita memakan makanan yang bergizi, kita pula harus memperhatikan cara mendapatkannya. Makanlah makanan yang halal karena itu salah satu cara agar batin kita sehat.

2. Istirahat yang cukup
Istirahat yang cukup adalah bagian yang penting dalam menjalani pola hidup sehat. Memiliki waktu tidur yang kurang itu seperti menjalani pola makan yang buruk. Oleh karena itu sesibuk-sibuk apapun kamu, usahakan untuk selalu beristirahat dan tidur cukup. Namun juga salah, tidur berlebihan tidak baik dan tentunya merugikan.  

Menurut studi, tertidur lebih dari 8 jam secara konsisten dapat menurunkan tingkat konsentrasi seseorang. Terkait istirahat, ada beberapa waktu yang di larang:

1. Tidur pagi setelah sholat subuh
2. Tidur setelah sholat ashar atau menjelang maghrib
3. Tidur sebelum sholat isya

Jika seseorang tidur tidak sesuai aturan bahkan terlalu banyak waktu tidur, bisa sana orang tersebut malah mengalami pegal-pegal hingga gangguan kesehatan lainnya.

3. Berfikir Positif
Sikap dan kebiasaan positif yang kamu ciptakan dengan atau tanpa disadari akan memberikan energi untuk mengerjakan semua kegiatan secara fokus. 

Beberapa penelitian ilmiah sudah membuktikan bahwa berfikir positif dapat memberikan dampak baik pada seseorang.  Seperti lebih percaya diri, memperbaiki suasana hati, hingga mengurangi resiko hipertensi, depresi, stres dan sebagainya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x