Mohon tunggu...
Saumiman Saud
Saumiman Saud Mohon Tunggu... Administrasi - Pemerhati

Coretan di kala senja di perantauan

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Pesta Kemenangan Super Bowl di Philadelphia Eagle

9 Februari 2018   05:25 Diperbarui: 9 Februari 2018   09:17 1802 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pesta Kemenangan Super Bowl di Philadelphia Eagle
(Foto : Gigi C Felix)

PESTA KEMENANGAN SUPER BOWL DI PHILADELPHIA EAGLE

Hari ini tepatnya 8 Februari 2018, Philadelphia dengan group Eagle mengadakan parade kemenangan mereka. Sekolah dan kantor-kantor diliburkan hari ini untuk merayakan kemenangan ini. Kemenangan yang merupakan legendarais atas pertandingan bergengsi Super Bowl yang pertama kali diraih oleh Philadelphia group Eagle. Super Bowl ini adalah adalah pertandingan final sepak bola Amerika yang dilangsungkan di akhir musim pertandingan NFL di Amerika Serikat. 

Dua tim terbaik dari masing-masing divisi (disebut conference) bertanding untuk memperebutkan Piala Vince Lombardi. Pertandingan ini dan perayaan seputar Super Bowl disebut Super Bowl Sunday dan untuk 2018 dilaksanakan 4 Februari yang lalu di US Bank Stadium di Minneapolis dengan melawan New England Patriots juara tahun silam dengan kemenangan Philadelphia Eagle 41-  New England Patriots 33.

Super Bowl pertama kali dipertandingkan 15 Januari 1967 sebagai bagian dari perjanjian penggabungan antara NFL dan liga saingannya yang bernama AFL (American Football League). Di akhir musim pertandingan, juara dari masing-masing liga dulunya harus berhadapan dalam "Pertandingan Kejuaraan Dunia AFL-NFL".  Setelah AFL dan NFL digabung tahun 1970, Super  Bowl berubah menjadi pertandingan perebutan gelar juara NFL. Pada awalnya, pertandingan dilakukan setahun sekali di hari Minggu sesudah babak playoff sekitar awal hingga pertengahan Januari, tetapi digeser ke akhir Januari, dan sekarang diadakan di minggu pertama di bulan Februari.

Super Bowl adalah salah satu tayangan bergengsi televisi yang paling banyak ditonton di Amerika Serikat, kemarin minggu diperkirakan 103 juta orang Amerika menontonnya. Pemasang iklan menghabiskan jutaan dolar AS untuk memasang iklan selama pertandingan. Kepentingan pemasang iklan membuat pertandingan dimulai semakin sore agar masuk ke dalam jam tayang utama bagi pemirsa televisi di Pantai Timur Amerika. Super Bowl XI pada tahun 1977 merupakan pertandingan Super Bowl terakhir yang berlangsung siang hari dan berakhir sebelum matahari terbenam waktu setempat.

Bagi Pemirsa televisi yang tidak suka sepak bola Amerika masih bisa menikmati tayangan iklannya yang sebagian besar dibuat khusus untuk Super Bowl. Musisi dan penyanyi terkenal juga tampil sebelum pertandingan dimulai dan sewaktu istirahat (halftime). Super Bowl ke LII (52) kemarin ini menampilkan  Singers Leslie Odom Jr., Pink, and Justin Timberlake . 

Hari pertandingan Super Bowl menempati urutan terbesar kedua setelah perayaan Thanksgiving dalam jumlah makanan yang dikonsumsi orang Amerika dalam sehari.  Super Bowl menggunakan sistem penomoran dengan angka Romawi dan bukan angka tahun. Musim pertandingan NFL berlangsung dari akhir Juli hingga Januari tahun berikutnya dengan Super Bowl sebagai puncak pertandingan.

dokpri
dokpri
Sejarah mencatat bahwa untuk pertama kali setelah memasuki LII(52) tahun musim Super Bowl ini , Philadelphia Eagle berhasil menuai kemenangan, sebelumnya pada tahun 1981 dan 2005 Philadelphia pernah masuk grand final, namun mengalami kekalahan pada waktu itu.

Kemenangan dirayakan dengan penuh kegembiraan dan gegap gempita di sana, sejak pagi-pagi yang dengan udara yang begitu dingin banget sekalipun , masyarakat sudah berkumpul dan yel yel yel.  Penulis sendiri tidak hadir di sana namun melalui siaran TV dan Radio serta cerita teman di Philadelphia, kita bisa membayangan betapa dahsyatnya acara ini dirayakan. Demikianlah kegembiraan orang-orang yang cinta olah raga sepak bola Amerika dan mereka yang cinta pada iklan-iklan yang bermutu tinggi dan tentunya juga bagi  mereka yang cinta pada kota di mana mereka tinggal. Selamat untuk kota Philadelphia , selamat juga buat warga di sana

Bagaimana dengan kita? Apakah kita juga mencintai kota di mana kita tinggal?  Kontribusi berharga apakah yang anda pernah berikan buat kota anda? Mari berpikir dan evaluasi diri sejenak....  SS

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x