Mohon tunggu...
Satrio Piningit
Satrio Piningit Mohon Tunggu...

jer besuki mawa bea

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Apollo Tak Mendarat di Bulan: Proyek Hoax Rp 2000 Triliun

6 April 2016   11:55 Diperbarui: 6 April 2016   15:39 0 39 144 Mohon Tunggu...

 [caption caption="Direktur NASA, Werhnher von Braun, di lokasi latihan dan syuting Apollo 11 tahun 1969 | sumber foto: abovetopsecret.com"][/caption]Benarkah manusia pernah mendarat di bulan? Atau sebenarnya cuma rekaman video yang dibuat di bumi untuk “menyelamatkan” proyek Rp 2000 Triliun? Artikel sederhana ini bermaksud untuk membahas berdasarkan fakta-fakta dan data-data yang kredibel.

[caption caption="| sumber foto: yournewswire.com"]

[/caption]

1. Visi Negarawan

Proyek Apollo dimulai ketika panas-panasnya persaingan Perang Dingin pada dekade 60an. AS tertinggal dari seterunya, Uni Soviet, dalam pengembangan teknologi aeronotika, yang erat kaitannya dengan supremasi teknologi militer.

Sebelumnya, Soviet telah berhasil mengirim hewan ke luar angkasa tahun 1951 (sumber: Nasa Aeronautics & Space Administration). Tahun 1956, Soviet berhasil menempatkan satelit pertama di luar angkasa (low earth orbit), yakni Sputnik.

[caption caption="(Yuri Gagarin, manusia pertama yang pergi ke angkasa luar tahun 1961) | sumber foto: pics-about-space.com"]

[/caption]12 April 1961, Soviet berhasil mengirim manusia pertama ke angkasa luar, yakni kosmonot Yuri Gagarin, dengan pesawat Vostok 1.

Hal itu tentu membuat AS panik. Sebulan kemudian, tanggal 25 Mei 1961 Presiden John F. Kennedy berpidato di depan Kongres bahwa “kita akan mengirim manusia ke bulan pada akhir dekade ini” (sumber: space.com).

[caption caption="(Pidato bersejarah JFK tentang misi ke bulan, Mei 1961) | sumber foto: space.com"]

[/caption]

2. Proyek Besar

Maka dimulailah proyek milaran dolar bernama “Apollo” (dewa pagan Yunani Kuno). Total proyek Apollo bernilai USD 25.4 miliar, atau senilai USD 150 miliar jika dihitung dengan nilai uang sekarang (sumber: The Telegraph). Dengan asumsi kurs dolar per-hari ini Rp 13.300,- maka total nilai proyek adalah sekitar Rp 2000 Triliun.

[caption caption="Mega Proyek Apollo Mission, total senilai Rp 2000 T (uang sekarang) | sumber foto: pics-about-space.com"]

[/caption]Bisa dibayangkan berapa keuntungan yang diperoleh para kontraktor dan bonus pegawai NASA. Ada 2000 triliun kepentingan dalam proyek tersebut.

3. Diambang Kegagalan

NASA, yang dipimpin mantan saintis NAZI Wernher von Braun, tentu berusaha maksimal agar program Apollo berhasil. Namun, persoalannya tidak sesederhana itu. Saksikan klip lucu tentang peluncuran roket yang gagal di era itu, disini.

[caption caption="(Klip lucu peluncuran roket yang gagal era 60an) | sumber foto: dokpri"]

[/caption]Kalau melihat videonya, tentu orang tertawa. Laporan resmi NASA, "System Failure Case Study Details", melaporkan bahwa Neil Armstrong nyaris tewas ketika latihan misi Apollo gara2 Lunar Landing Research Vehicle (LLRV) meledak, setahun sebelum berangkat ke bulan. Untung dia sempat lompat terjun payung.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
KONTEN MENARIK LAINNYA
x