Mohon tunggu...
Satria Rezi Pahlevi
Satria Rezi Pahlevi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan

Jangan menjadi pemuda yang tidak bisa memberikan warna atau perubahan. Kuncinya harus semangat dan punya cita-cita.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Sudah Jadi Benalu Malah Gak Tau Malu

30 November 2022   20:25 Diperbarui: 30 November 2022   20:47 134
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Persatuan merupakan salah satu ajaran yang sangat mulia dalam ajaran agama Islam. Hal tersebut dikarenakan persatuan merupakan ruh suatu kehidupan dan menjadi pilar kekuatan dalam hidup beragama, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. 

Dengannya, munculah sutu keberagaman yang kemudian lahirlah sikap saling mencintai dan menghormati terhadap sesama. Persatuan harus digenggam erat oleh semua manusia. Dengan bersatu, segala yang rumit akan menjadi mudah dan yang berat akan menjadi ringan.

Di Indonesia sendiri sejatinya masyarakat pribumi sudah menciptakan suasana persatuan antar sesama dalam lingkungan tempat tinggal mereka. Banyak macam suku, ras, budaya,adat istiadat, keyakinan, bahkan agama yang ada semua berjalan dengan harmonis dan menjunjung nilai toleransi yang sangat tinggi. Namun, akhir-akhir ini banyak kelompok baru yang berdatangan ke Indonesia padahal mereka bukan warga asli pribumi melainkan keturunan dari bangsa asing yang dengan seenaknya berbuat risau terhadap masyarakat asli Indonesia. Mereka kelompok keturunan asing merasa diri mereka paling benar dan menyalahi apa yang sudah ada sebelumnya di NKRI ini.

Suatu yang datang pada sebuah negara atau bangsa akan membawa pengaruh terhadap masyarakat asli yang menempatinya. Penjajahan moral ataupun budaya dan lain sebagainya yang baru dari luar masyarakat Indonesia asli pada umumnya terkadang sifatnya pelan-pelan mengajak, kemudian tanpa disadari memberikan pengaruh kepada apa yang mereka kelompok keturunan asing bawa ke negara ini. Itu sudah menjadi kebiasaan dari apa saja yang datang kepada diri kita sebagai masyarakat pribumi.

Tidak habis pikir mereka yang notabennya adalah kelompok pendatang malah seenaknya saja terhadap masyarakat pribumi kita. Mereka merasa kelompok mereka lah yang paling benar dan yang paling tahu bahkan paling berkuasa di negara ini. Semua peraturan, budaya, adat istiadat, keyakinan dan lain sebagainya yang tidak sejalan dengan kelompok mereka akan disalahkan sepenuhnya. Mereka mengatakan bahwa apa-apa yang ada di negara ini harus diganti dengan paham yang mereka bawa dari negara asalnya karena semuanya salah dan yang benar adalah pemikiran dari kelompok mereka.

Mereka seakan tidak punya rasa malu terhadap apa yang dilakukannya. Sehari-hari mereka tinggal, mencari makan, dan beraktivitas di tanah Indonesia, tetapi segala yang ada di Indonesia mereka jelek-jelekan. Dengan demikian mereka telah mengakibatkan kerusuhan di Indonesia terutama mengakibatkan perpecahan antar masyarakat. Masyarakat yang awam akan terdoktrin oleh mereka sehingga dengan mudah terprovokasi dan masyarakat yang sadar akan gerakan mereka akan sangat berhati-hati dalam menyikapinya.

Untuk mengatasi hal-hal seperti itu kita harus memperkuat dari segala bidang aspek yang ada. Karena banyaknya pengaruh dari bangsa asing tersebut jikalau dari masarakat sudah kuat dengan pondasi yang ada maka bangsa Indonesia masi akan berdiri budaya, adat istiadat, maupun yang lainnya. Kebanyakan dari mereka membawa misi lewat jalur agama dengan membawa alat sedemikian rupanya seperti ilmu, cara berpakaian, dan paham-paham ala mereka sudah ditanamkan lewat anak-anak bangsa ini. Hal ini mengharuskan kita sebagai putra bangsa untuk senantiasa dan terus mendakwahkan atau mendeklarasikan sebuah ilmu yang sesuai dengan ciri khas bangsa Indonesia.

Negara kita Indonesia sudah sangat kaya dan sudah sangat baik dari segi manapun. Tinggal dari masyarakatnya saja yang harus lebih peduli dan menghidupkan lagi serta membentengi semua aspek yang ada. Kita buat promosi kepada luaran sana yang baik dengan lebih menyenangkan agar orang-orang yang belum mengenal budaya kita dengan baik itu tidak menganggap bahwa apa yang disampaikan olek kelompok keturunan asing tersebut lebih baik daripada apa yang ada pada diri bangsa Indonesia ini.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun