Bangsa Indonesia merupakan negara dengan penduduk yang besar di dunia sehingga menjadi pasar potensial bagi industri di dunia.
Maka banyak industri asing yang berinvestasi untuk membuat dan memasarkan produk di Indonesia.
Melihat hal ini tentu harus menjadi tugas bersama agar masyarakat Indonesia tidak sekedar menjadi konsumen tapi juga memproduksi.
Maka bermunculan insiatif untuk memproduksi barang kebutuhan dan mengajak masyarakat membeli supaya mendukung produksi dalam negeri.
Banyak brand Indonesia dikenal di manca negara bahkan diekspor ke negara-negara maju. Sayangnya kesadaran masyarakat untuk membeli produk lokal masih rendah bahkan masyarakat lebih bangga produk import.
Padahal merk Indonesia seperti indomie, GT Radial, Terry Palmer populer dan menjadi komoditas ekspor yang tidak sedikit. Melihat hal ini Kementrian Perindustrian mengadakan nangkring di Kompasiana tanggal 17 Desember 2017 di Crematology.
Saya antusias untuk hadir karena ingin mendukung produk lokal agar menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Terutama untuk anak jaman now perlu kampanye yang pas agar produk Indonesia bisa sama kerennya dengan produk asing.
Empat sektor industri Indonesia yang banyak menyerap tenaga kerja dan diproduksi dalam jumlah besar antara lain makanan, minuman, farmasi atau kosmetik, elektronik dan mainan.
Salah satunya ialah menyediakan informasi positif ke masyarakat melalui media supaya tumbuh harapan dan kebanggan akan bangsa Indonesia.Â