Mohon tunggu...
SARTIKA
SARTIKA Mohon Tunggu... Lainnya - Fakir ilmu

Make your weakness become your advantages

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Menjaga Persaudaraan dan Persatuan dalam Kehidupan Multibudaya Indonesia

22 September 2020   09:56 Diperbarui: 22 September 2020   10:06 33
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Indonesia memiliki beragam suku bangsa dan memiliki bahasa daerah masing masing disetiap sukunya.sejak saya SMA saya menyadari bahwa saya berada dilingkungan yang berbeda suku dengan saya.tetapi kami semua tetap saling menghargai satu sama lain.

Sewaktu saya SMA saya memiliki seorang sahabat,dia banyak mengajarkan saya tentang suku budayanya.menurut saya penggunaan pembelajaran dana bahasa daerah disekolah juga penting agar tidak lupa dengan budaya sendiri,karna jaman sekarang banyak orang orang yang tidak begitu mengenal budayanya sendiri.

Bagaimana cara kita berinteraksi dengan teman yang berbeda suku bangsa?pertanyaan seperti ini mungkin pernah kita dengar ,caranya kita harus saling menghargai satu sama lain dan tidak membeda bedakan.karna indonesia luas dengan beragam suku bangsa.

Kemudian belajar bahasa Inggris dengan menggunakan materi berbasis multibudaya Indonesia menurut saya sangat menarik dan menyenangkan.karna kita bisa sekalian belajar bahasa Inggris dan menambah pengetahuan tentang budaya Indonesia.

Selanjutnya disekolah maupun diluar sekolah pasti kita memiliki perbedaan pendapat dengan teman kita,tugas dari seorang guru adalah mendengarkan setiap pendapat dan menjelaskan kepada siswa(i)nya bahwa kita harus saling menghargai pendapat setiap orang.

Kita hidup dan tinggal dilingkungan yang berbeda dan pasti cara orang tua kita mendidik juga berbeda beda,mungkin itu faktor yang membuat kita berbeda pendapat dengan teman kita.

Kita harus selalu menjaga persaudaraan dan persatuan dengan cara menjaga toleransi dan menghargai serta menghormati agama,suku ras dan budaya

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun