Mohon tunggu...
sarmini Dr
sarmini Dr Mohon Tunggu... Dosen - Terus belajar dan tebar manfaat

Seorang yang akan terus belajar dan tebar manfaat

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Seberapa Pemahaman Siswa Kita tentang ANBK?

15 September 2022   19:34 Diperbarui: 15 September 2022   19:38 219 6 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pelaksanaan ANBK di Sekolah Islam Nabilah, Batam/Dok Pribadi

Oleh : Dr. Sarmini

Sekolah Islam Nabilah, Batam, untuk jenjang SMA, sudah selesai melaksanakan ANBK. Dan untuk jenjang SMP, sesuai jadual  tanggal 16-18 September baru akan singkronisasi untuk kegiatan ANBK. 

Saya mengedarkan kuesioner  melalui Google Form dan respondennya berjumlah 61 siswa, yaitu  44 siswa kelas VIII, SMP Islam Nabilah, serta 17 siswa SMA Islam Nabilah, kelas XI. Data ini untuk mengetahui antusiasme dan persepsi dalam Pelaksanaan ANBK di SMP dan SMA Islam Nabilah, Batam, Kepulauan Riau

Asesmen Nasional Berbasis Komputer atau yang biasa disingkat ANBK adalah program penilaian mutu sekolah, madrasah, dan program kesetaraan di jenjang dasar dan menengah. Pelaksanaan ANBK adalah secara online dilakukan apabila akses internet stabil serta harus memiliki komputer proktor untuk membuka token. Sementara pelaksanaan ANBK adalah semi online dilakukan apabila komputer klien tidak memiliki akses secara langsung.

Setidaknya ada tiga instrumen penilaian dari ANBK adalah sebagai bagian dari evalusi pemerintah meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Peserta ANBK adalah siswa VIII dan XI yang dipilih secara acak oleh pemerintah, guru, dan kepala sekolah tiap satuan pendidikan. Untuk program kesetaraan, Asesmen Nasional akan diikuti oleh seluruh peserta didik yang berada pada tahap akhir program belajarnya.

Penilaian ini nantinya akan dilakukan berdasarkan pada kemampuan dasar peserta didik mulai dari literasi, numerasi, dan karakter.

Terlepas dari pemahaman tentang ANBK, dan persepsi siswa serta antusiasme dalam melaksanakan ANBK, kita perlu ketahui bahwa tujuan Asesmen sendiri adalah seperti dilansir laman Kemendikbud, tujuan ANBK adalah sebagai berikut.

1. Untuk menghasilkan informasi mengenai perbaikan kualitas proses belajar di sekolah.

2. Memperbaiki kurikulum di sekolah-sekolah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan