Mohon tunggu...
Sarah Novia Kaihatu
Sarah Novia Kaihatu Mohon Tunggu... Jurnalistik

Menulis Itu Sebuah Keharusan

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Mengenal Black Box Pesawat

22 Januari 2021   13:52 Diperbarui: 22 Januari 2021   13:59 58 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengenal Black Box Pesawat
news.detik.com

Black Box merupakan isi laporan dalam industri penerbangan yang digunakan sebagai perekam data elektronik. Black Box biasanya menggunakan CVR atau FDR untuk kombinasi keduanya.

FDR merekam beragam data tentang semua aspek pesawat, sementara CVR yaitu merekam percakapan dalam  penerbangan dan suara lain seperti transmisi radio serta alarm otomatif. Black box menjadi kunci penting yang dapat mengungkap penyebab kecelakaan pesawat.

Adapun fungsi dari Black Box dalam investigasi kecelakaan pesawat, yaitu ada FDR dan CVR. Fungsi FDR ialah pencatatan informasi ketinggian kecepatan udara arah penerbangan dan lain-lain. Lalu fungsi dari CVR ialah merekan transmisi radio suara mesin dan percakapan antara pilot.

Meskipun dinamakan Black Box atau kotak hitam, ternyata benda ini ialah berwarna oranye. Mengapa oranye ? karena warna tersebut bisa dimaksudkan agar tim pencari bisa memudahkan untuk menemukannya jika terjadi kecelakaan pesawat di laut.

Black Box ini terletak di bagian ekor pesawat terbang, mengapa dibagian ekor pesawat ? karena untuk mencegah kerusakan pada Black Box jika terjadi kecelakaan pesawat.

Penulis : Sarah Novia Kaihatu Mahasiswa STISIP WIDURI

VIDEO PILIHAN