Mohon tunggu...
Sarah Abidin
Sarah Abidin Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya adalah mahasiswa Universitas Jember. Saya menulis untuk membagikan beberapa cerita KKN KOLABORATIF 2022 Perguruan Tinggi se-Jember.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKN 84 Kolaboratif: Membantu Pemerintah Kabupaten Jember Mensurvei DTKS untuk Pelayanan Kesejahteraan Sosial

3 Agustus 2022   21:12 Diperbarui: 3 Agustus 2022   21:15 211 1 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Di Desa Wirowongso terdapat 4 (empat) dusun yakni, Dusun Renes, Dusun Penanggungan, Dusun Besuk, dan Dusun Sumberejo. Pemerintah Kabupaten Jember melakukan survey ulang agar penyuluhan bantuan sosial lebih merata dan adil bagi masyarakat.  Dibantu beberapa dari LPPM Universitas di Jember, seperti Universitas Jember, Universitas Dr.Soebandi, Universitas Muhammadiyah, dan Akademi Farmasi. 

Kegiatan ini bertujuan untuk melaksanakan survey ulang dan juga memenuhi syarat sebagai mahasiswa yang melakukan KKN Kolaboratif Se-Kabupaten Jember. Mahasiswa dari beberapa universitas ini menemukan beberapa progres dan kendala dalam melaksanakan survey DTKS ini. 

dokpri
dokpri

Kendala yang dialami mahasiswa kebanyakan dikarenakan mayoritas masyarakat desa wirowongso menggunakan bahasa madura yang digunakan untuk komunikasi sehari-hari. Karena mahasiswa kebanyakan berasal dari luar kota, mereka kesusahan untuk mengajukan pertanyaan dan kebanyakan warga yang disurvei adalah lansia dan berada dirumah sendiri tanpa ada pendampingan dari keluarga. 

Masalah lain yang ditemukan ialah karena mahasiswa ini melakukan survei pada saat pagi hari dan hari kerja, maka responden yang akan disurvei tidak dapat ditemui karena mereka bekerja, dan juga ada warga yang sudah pindah rumah namun KK yang ada masih berada di Desa Wirowongso.  Kendala lainnya adalah mahasiswa ini kesusahan untuk mencari lokasi yang akan dituju, dan warga sekitar juga memakai inisial nama bukan memakai nama asli yang ada di KK (Kartu Keluarga). 

Tapi ada juga beberapa progres yang di dapat oleh mahasiswa KKN 84 Kolaboratif ini, yaitu mahasiswa ini mendapatkan bantuan dari RT dan RW setempat guna untuk mencari lokasi survei yang akan dituju. Dan juga mahasiswa ini menanyakan lokasi survei kepada tetangga yang berada di sekitar lokasi tersebut. Mahasiswa juga diberi informasi terkait nama inisial yang digunakan para warga sekitar agar lebih mudah untuk mengetahui nama dan lokasi warga yang akan disurvei. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan