Mohon tunggu...
Sarah Izzatunnisa
Sarah Izzatunnisa Mohon Tunggu... Sarah

UNS

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Mahasiswa KKN UNS Edukasi Warga Cara Membuat Masker Kain dan Disinfektan Sederhana

6 Agustus 2020   21:13 Diperbarui: 6 Agustus 2020   21:29 50 1 0 Mohon Tunggu...

Adanya pandemi COVID-19 yang melanda hampir di seluruh dunia, termasuk Indonesia, membuat Universitas Sebelas Maret (UNS) memutuskan untuk melakukan KKN tanggap wabah COVID-19 sebagai wujud pengabdian mahasiswa terhadap masyarakat. Kegiatan KKN yang dilakukan mahasiswa secara individu di setiap daerah asalnya itu diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada sehingga masyarakat di setiap daerah mampu bertahan di masa pandemi COVID-19 ini.

Salah satu mahasiswa yang mengikuti kegiatan KKN COVID-19 ini yaitu Sarah Izzatunnisa. Sarah merupakan mahasiswa FKIP (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) program studi Pendidikan Matematika yang melakukan KKN di Dusun Waringinrejo RT 07/ RW 21, Cemani, Grogol, Sukoharjo. 

Kegiatan KKN tersebut berlangsung selama kurang lebih 45 hari yaitu dimulai dari tanggal 15 Mei 2020 sampai dengan 30 Juni 2020 di bawah bimbingan R. Prihandjojo Andri Putranto, dr., M.Si. selaku Dosen Pembimbing Lapangan.

Salah satu kegiatan yang dilakukan pada KKN era COVID-19 ini yaitu edukasi masyarakat mengenai pentingnya menggunakan masker dan cara pembuatan masker kain secara sederhana yang bisa dilakukan di rumah. 

dokpri
dokpri
Kegiatan ini dilakukan melalui video yang berisikan tutotial pembuatan masker kain kemudian pendistribusian hasil pembuatan masker tersebut kepada masyarakat setempat. P

rogram kerja ini dilakukan mengingat kurangnya kesadaran masyarakat untuk menggunakan masker ketika keluar rumah sehingga dengan adanya edukasi mengenai masker ini membuat masyarakat lebih menaruh perhatian untuk senantiasa menggunakan masker.

Selain edukasi mengenai pembuatan masker kain, dilakukan pula kegiatan edukasi mengenai pembuatan disinfektan sederhana yang bisa dilakukan di rumah. Hanya dengan bahan dasar cairan pembersih lantai wipol dan air sudah dapat digunakan sebagai cairan penyemprotan disinfektan.

Kedua kegiatan tersebut disambut baik oleh masyarakat dan diharapkan dapat membantu masyarakat untuk menyelesaikan permasalahan yang tengah di hadapi di masa pandemi COVID-19 ini. Hal inilah yang mengakibatkan kegiatan KKN di Dusun Waringinrejo berlangsung dengan lancar dan baik.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x