Mohon tunggu...
Sarah Annisa Fitri
Sarah Annisa Fitri Mohon Tunggu... Journalist of Education

Halo, saya seorang jurnalist yang saat ini masih kuliah sekaligus bekerja di salah satu perusahaan yang ada di Indonesia. Saya disini ingin berbagi pengalaman saya mengenai pentingnya pendidikan sekaligus dunia kerja.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Ingin Mengambil Program Kuliah Kelas Karyawan? Ini Keunggulannya!

27 Februari 2021   11:42 Diperbarui: 27 Februari 2021   11:54 36 1 0 Mohon Tunggu...

Program Kuliah Kelas Karyawan? Apa sih keuntungannya?

Kuliah adalah tingkatan lebih tinggi dimana kamu sudah harus mengetahui dimana fokus kamu untuk mempelajari suatu bidang studi. Masa-masa kuliah bisa dibilang masa yang sulit tetapi juga berkenang. Karena di masa kuliah kamu bisa belajar menjadi lebih mandiri, kamu juga sudah cukup dewasa untuk mengambil keputusan yang benar dan bisa kamu pertanggung jawabkan pada masa ini.

Namun, tidak semua orang bisa merasakan duduk di bangku kuliah ini, misalnya saya mereka yang memang memiliki keterbatasan ekonomi dan menuntut sehabis lulus SMA langsung bekerja. Kalian yang berada di posisi ini jangan bersedih dulu ya! Karena sekarang sudah banyak kampus yang menyediakan kuliah kelas karyawan. Apa sih kuliah kelas karyawan? Yaitu kuliahnya khusus orang-orang yang sudah berkerja. Biasanya waktu pembelajaran untuk kuliah karyawan ini lebih fleksibel, karena bisa disesuaikan oleh jadwal kantor kamu.

Waktu perkuliahan kelas karyawan ada beberapa macam, misalnya kuliah malam dan kuliah sabtu minggu. Apa sih perbedaannya? Kalau kuliah malam adalah waktu untuk hari pembelajarannya seperti kuliah pada umumnya, namun jamnya saja yang berbeda yaitu pada malam hari. Kuliah karyawan jenis ini cocok untuk pekerja yang waktu bekerjanya dari pagi hingga sore hari. Sedangkan kuliah sabtu minggu yaitu waktu pembelajaran kuliahnya diadakan hanya pada hari sabtu dan minggu. Ini cocok untuk pekerja yang memang memiliki jam kerja full dari hari senin hingga hari jumat.

Sebenarnya apa keunggulan dari kuliah karyawan ini? Kan mereka sudah memiliki pekerjaan, kenapa masih harus berkuliah? Tentu Pendidikan itu penting untuk membantu kamu meningkatkan kualitas kamu di tempat bekerja. Inilah beberapa keunggulan dari mengambil kuliah kelas karyawan:

Dapat Membayar Kuliah Sendiri

Ini keunggulan yang tidak semua mahasiswa bisa merasakannya. Kamu bisa membayar kuliah sendiri dari hasil kamu bekerja, ini juga pasti suatu kebanggaan tersendiri yang akan kamu rasakan karena kamu bisa kuliah tanpa membebani orang tua.

Memiliki Waktu Belajar Yang Lebih Santai

Karena kuliah karyawan ini biasanya diadakan pada malam hari atau sabtu-minggu, biasanya jam perkuliahan untuk kelas karyawan ini terbilang lebih pendek dan lebih santai karena didominasi oleh diskusi dengan dosennya. Karena biasanya dosen mengerti mahasiswa yang berada di kelas tersebut tenaga serta pikirannya sudah terbagi dua oleh kampus dan pekerjaan.

Pelajaran Yang Didapat Bisa Langsung Dipraktikan

Jikalau jurusan yang kamu ambil di kampus sejalan dengan pekerjaanmu, ini bisa menjadi kesempatan untuk kamu langsung mempraktikannya di tempat kerja. Tentu kamu juga tidak perlu asing lagi dengan materi yang diajarkan oleh dosen kamu. Selain itu, kamu juga bisa mendiskusikan kesulitan yang kamu hadapi didunia kerja dengan dosenmu dan menjadikanmu lebih unggul ketimbang mahasiswa pada umumnya.

Mempunyai Tugas Yang Lebih Sedikit

Keunggulan lainnya yang akan kamu dapatkan adalah kamu tidak memiliki banyak tugas yang biasanya diberikan kepada mahasiswa umum. Hal ini karena dosen kamu mengetahui rutinitas mahasiswanya adalah bekerja. Makanya tugas yang diberikan ke kalian juga tidak banyak.

Setelah Lulus Langsung Punya Pengalaman

Ini dia yang keunggulan yang paling utama jika kamu mengambil kuliah sambil bekerja. Setelah lulus nanti kamu bisa langsung punya gelar dan pengalaman kerja sekaligus! Ini bisa jadi peluang untuk kamu mendapatkan posisi bekerja yang lebih tinggi di perusahaan sekarang kamu bekerja ataupun di perusahaan baru nanti.

Demikian 5 keunggulan jika kamu mengambil kuliah karyawan. Sudah bekerja bukanlah suatu alasan untuk kamu tidak melanjutkan Pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Untuk kalian yang sedang mengambil kuliah karyawan tetap semangat ya!

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x