sarah setyani
sarah setyani

lulusan unibraw angkatan 2009

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Ternyata Beras Merah Sangat Bermanfaat, Baik untuk Diet Maupun Kesehatan!

13 Oktober 2017   16:54 Diperbarui: 14 Oktober 2017   12:23 229 0 0

Apakah Anda tahu apa saja manfaat beras merah untuk diet dan kesehatan tubuh? Atau malah Anda belum mengetahui tentang hal ini? Jika Anda belum tahu, sepertinya Anda harus mengetahuinya karena ternyata beras merah dinilai jauh lebih bergizi dan memiliki lebih banyak manfaat ketimbang beras putih. Bagi Anda yang saat ini sedang menjalankan program diet atau sedang menderita diabetes, beras merah adalah salah satu pilihan makanan pokok yang direkomendasikan untuk Anda. Mengapa bisa demikian?

Beras Merah Ternyata Lebih Baik Ketimbang Beras Putih

Jika dinilai secara umum, beras putih memang banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Dan yang paling utama adalah sebagai sumber karbohidrat kompleks dan juga beberapa nutrisi lain yang sangat dibutuhkan tubuh setiap harinya. Namun tahukah Anda bahwa tenryata kandungan karbohidrat kompleks dan serat lah yang bisa membuat kita merasa kenyang setelah merasa lapar.

Akan tetapi diketahui bahwa ternyata beras yang proses pengolahannya dilakukan secara tradisional, khasiatnya ternyata lebih banyak ketimbang beras poles putih. Nah, hal ini berlaku untuk beras merah, beras yang warnanya agak gelap dan berbeda dengan beras putih. Umumnya beras merah memang rasanya tidak senikmat beras putih. Namun siapa sangka ternyata di balik rasanya yang kurang nikmat tersebut, ada banyak manfaat beras merah untuk diet dan kesehatan.

Dari segi gizi yang terkandung, beras merah memang lebih unggil ketimbang nasi atau beras putih. Keunggulan utamanya terdapat pada zat yang bernama antosianin, sebuah senyawa yang membuat beras ini berwarna merah. Dan perlu Anda ketahui bahwa ternyata antosianin ini sangat bermanfaat sebagai antioksidan, antikanker, anti hipertensi, dan juga anti glisemik. Nah, dengan demikian Anda pasti sudah terbanyang penyakit apa saja yang bisa Anda hindari dengan mengonsumsi beras merah ini.

Kandungan dan Berbagai Manfaat Beras Merah untuk Diet

Lalu bagaimana khasiat atau manfaat beras merah untuk orang yang sedang berdiet? Nah, sebelumnya Anda harus tahu apa saja gizi dan nutrisi yang terkandung pada beras merah. Beras merah memiliki banyak sekali zat gizi dan vitamin, diantaranya adalah vitamin B, vitamin A, selenium, mangan, fosfor, kalium, dan magnesium. Dan bagian beras merah yang gizinya paling tinggi adalah pada kulit arinya. Maka dari itu beras merah yang proses penggilingannya kurang baik justru akan membuat gizi beras merah menjadi berkurang.

Sedangkan manfaat beras merah untuk diet adalah karena kandungan seratnya. Di dalam beras merah terkandung serat, di mana serat mampu membuat seseorang merasakan kenyang lebih lama. Dengan demikian Anda tidak akan terlalu sering merasa lapar dan ingin makan. Maka dari itu beras merah sangat efektif sebagai makanan yang menemani Anda selama Anda menjalankan program diet.

Untuk kesehatan pencernaan, beras merah ini juga bermanfaat untuk membantu melancarkan pencernaan Anda. Mengonsumsi beras merah akan membantu Anda mencegah sembelit karena jenis serat yang terkandung pada beras merah adalah serat larut yang bisa menyuplai cairan ke dalam usus. Hal ini membuat gerakan usus menjadi halus sehingga bisa mencegah terjadinya sembelit.

Bagaimana? Sekarang Anda sudah paham bukan tentang apa saja manfaat beras merah untuk diet dan untuk kesehatan tubuh? Maka dari itu tak ada salahnya jika Anda mulai mengonsumsi beras merah sebagai menu makanan pokok Anda.