Mohon tunggu...
Sapti Nurul hidayati
Sapti Nurul hidayati Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Ibu rumah tangga

Mantan ibu bekerja, yang sekarang jadi IRT biasa. Suka hal-hal yang berbau sejarah. Sedang belajar menulis lewat aktifitas ngeblog. Membagikan cerita dan tulisan di blog pribadi https://www.cerryku.com

Selanjutnya

Tutup

Gadget Pilihan

Ngabuburit Asyik Bareng Fuji Film XT 100 di Malioboro

18 Mei 2019   10:41 Diperbarui: 18 Mei 2019   11:20 62
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mengisi waktu berbuka ada beragam cara. Saya pribadi sedapat mungkin berbuka bareng keluarga.  Karena bersama keluarga,  berbuka dengan apapun akan terasa nikmatnya. Kalaupun terpaksa keluar, sedapat mungkin yang berfaedah dan menambah pengetahuan saya.

Seperti hari Minggu tanggal 12 Mei 2019 lalu.  Saya berbuka bareng teman-teman dari Komunitas Emak Bloger sambil mengikuti acara KEBelajar tentang Fotografi. Berhubung saya ini seorang bloger,  foto yang bagus sangat mendukung tulisan saya.  

Jadi menurut saya, dasar-dasar fotografi penting untuk  saya pahami. Jadi acara ini perlu untuk saya ikuti. Meskipun selama ini saya lebih banyak menggunakan smart phone untuk mengcapture momen guna melengkapi tulisan saya, tapi siapa tahu suatu saat saya ada rejeki untuk membeli kamera mirrorless dari Fuji Film. 

Acara ini adalah semacam workshop,  jadi tidak hanya materi yang didapatkan,  para peserta juga diajak untuk mempraktikkannya.  Tidak punya kamera? Tidak masalah, karena kami akan dipinjami kamera Fuji Film XT 100 oleh Fuji Indonesia. Acara ini adalah kerjasama antara Komunitas Emak Bloger (KEB),  Fuji Film Indonesia dan Gudang Digital.  

Pukul 14.00 saya sudah sampai di Fuji Film Learning Center yang berlokasi di Yap Square,  Jl.  C. Simanjuntak Yogyakarta. Di sinilah nanti saya dan teman-teman akan memperoleh materi tentang basic photography dengan nara sumber Mas Agoeng Tosol.

Materi yang pertama kali dibahas adalah tentang triangle exposure. Exposure adalah seberapa banyak cahaya yang dibutuhkan untuk masuk ke dalam sensor, yang meliputi 3 hal yakni ISO, Aperture, dan Shutter Speed, yang bisa digambarkan dengan Exposure Triangle sebagai berikut :

Triangle Exposure (doc. Gudang Digital)
Triangle Exposure (doc. Gudang Digital)

Aperture / diagframa : merupakan salah satu fitur pada kamera untuk mengatur pencahayaan yang dikendalikan dengan mengatur bukaan aperture pada lensa. Aperture / diagragma ini adalah salah satu factor yang mempengaruhi kedalaman gambar (Depth of Field). Depth of Field (DOF) adalah area di depan atau di belakang objek yang terfokus.

*Shutter Speed : adalah lama waktu shutter membuka dimana akan menentukan seberapa cahaya yang mesuk dalam proses perekaman gambar. Diukur dengan satuan second. Semakin lambat kecepatan, semakin banyak cahaya yang terkespos, semakin cepat semakin sedikit cahaya yang akan terekspose.

* ISO : adalah pengaturan kepekaan sensor terhadap cahaya. Diindikasikan dengan angka 100, 200, 400, 800 dst. Angka yang rendah digunakan untuk memperoleh gambar yang tajam dan memperoleh pencahayaan yang cukup.Sebaliknya angka yang  besar digunakan ketika cahaya terbatas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun