Mohon tunggu...
MR. SAPLIAN
MR. SAPLIAN Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hoby saya menulis artikel ilmiah, mendesain web, editing vidio dan foto. Mampu membuat ide gagasan terbarukan dalam sebuah penulisan artikel. Mampu memberikan ide segar sesuai dengan perkembangan zama.

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Fakta Menarik tentang Manfaat Kulit Pisang bagi Kesehatan Manusia

8 November 2022   15:10 Diperbarui: 8 November 2022   15:18 104
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Halo sobat kompasiana. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang fakta menarik tentang kulit pisang yang memiliki banyak manfaat bagi Kesehatan manusia.

Sudah tahu belum, bahwa kulit pisang ini memiliki banyak manfaat bagi Kesehatan manusia? Dan jika dikelola Kembali, bisa dijadikan bisnis yang menarik nih sobat. Berikut merupakan beberapa fakta menarik tentang manfaat kulit pisang bagi Kesehatan manusia.

Pisang merupakan salah satu buah yang paling populer dan banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Buah ini tidak mengenal musim, sehingga produksi buahnya dapat dipanen kapan saja. Tak heran, jika produksi berbagai jenis pisang selalu melimpah dan banyak ditemui di pasaran.

Kulit pisang juga menawarkan manfaat kesehatan yang tidak kalah menarik dari buahnya. Ini tidak lebih dari produk yang terbuat dari banyak nutrisi yang dapat ditemukan di kulit pisang, yang kaya akan serat dan bahan-bahan sehat lainnya. mulai dengan jumlah kalori, karbohidrat, dan protein hingga berbagai mineral yang meningkatkan kesehatan tubuh.

Menurut Enein (2016), kulit pisang mengandung berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, seperti karbohidrat, magnesium, protein, kalsium, fosfor, zat besi, garam, dan flavonoid. Kulit pisang mengandung zat bioaktif yang dapat dimanfaatkan sebagai antioksidan (Ulfa et al., 2020).

Ditinjau dari kandungan senyawa pada kulit pisang, berikut ini adalah manfaat kandungan tersebut untuk Kesehatan kita sob.

Menghilangkan Depresi

Ketika dipasangkan dengan B6 yang ditemukan dalam kulit pisang, tingkat triptofan pisang yang tinggi dapat membantu meringankan beberapa gejala depresi dan gangguan mood lainnya. Ketika kadar serotonin rendah, triptofan menghasilkan serotonin, yang dapat meningkatkan suasana hati. Vitamin B6 dapat membantu dalam meningkatkan kualitas tidur, yang dari waktu ke waktu memiliki efek yang baik pada suasana hati.

Menjaga kesehatan pencernaan 

Sebagai sumber serat, kulit pisang dapat membantu mengobati diare dan sembelit serta mengatur sistem pencernaan. Bagi mereka dengan penyakit Crohn atau sindrom iritasi usus besar, ini bisa menjadi keuntungan yang sangat signifikan dari kulit pisang. Metabolisme tubuh pasti akan meningkat ketika kulit pisang dikonsumsi.

Mengurangi Risiko Kanker

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun