Mohon tunggu...
Reno Dwiheryana
Reno Dwiheryana Mohon Tunggu... Blogger

blogger harus punya dedikasi dan harga diri. bersyukur seminim apapun keadaan. umur kian bertambah, jatah hidup di dunia semakin berkurang. mati-matian manusia demi dunia, akan tetapi dunia tidak manusia bawa mati. sebanyak apapun harta manusia tidak akan mencukupi hidup yang singkat ini.

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Tips Goweser Sebelum Meng-upgrade Sepeda

23 Mei 2020   10:43 Diperbarui: 23 Mei 2020   10:40 43 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Goweser Sebelum Meng-upgrade Sepeda
Bersepeda (beritatagarid)

Apapun merk sepedanya, mengupgrade sepeda itu sebuah keniscayaan. Boleh jadi harga sepeda Anda mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta, bahkan lebih dari seratus juta, namun kembali yang namanya hobi tidak ada batasannya.

Bagi Anda penggemar sepeda, terkhusus sepeda lipat layaknya Penulis gunakan. Mengupgrade atau mengganti sparepart sepeda ke yang lebih baik kualitasnya merupakan suatu hal yang lumrah banyak penggemar sepeda lakukan. 

Besarannya biaya yang dihabiskan pun relatif, namun yang pasti semakin mahal suatu merk sparepart sepeda umum menandakan sparepart tersebut memiliki kualitas yang jauh lebih baik. Tetapi harga murah sparepart juga tidak berarti sparepart tersebut jelek atau tidak layak. Oleh karena itu dalam mengupgrade sepeda maka Anda harus lebih teliti ketika membelinya.

Dari penafsiran Penulis, ada 3 aspek yang umum para goweser cari ketika mengupgrade sepeda :

1. Performance
Performance berarti peningkatan dalam kemampuan sepeda. Sebagai contoh, Anda ingin sepeda lipat lebih agresif di jalanan datar, Anda ingin sepeda lipat lebih kompetitif saat menanjak, dan sebagainya. Untuk itu Anda mengupgrade sparepart yang bertujuan meningkatkan performance seperti, rear derailleur, sprocket, shifter, rantai, crank arm, chainring, bottom bracket, dan lainnya.

Apa maksud tujuan dari mengupgrade Anda memiliki performance baik, yaitu agar hasil dari aktivitas bersepeda Anda menjadi lebih maksimal.

2. Comfortably
Comfortably berarti kenyamanan. Anda perlu ingat baik-baik, kenyamanan adalah hal terpenting dari bersepeda setelah fungsi. Semahal apapun sepeda Anda, jika sepeda tersebut tidak nyaman saat digunakan maka aktivitas bersepeda Anda tidak akan optimal dan mungkin saja berdampak kepada fisik Anda seperti sakit bokong, sakit punggung, kaki pegal, dan sebagainya.

Fokus kenyamanan pada aktivitas bersepeda ialah diri Anda, bukan merujuk kepada orang lain. Oleh karena itu penilaian akan kenyamanan pada sepeda baik dari individu yang satu dengan yang lainnya bisa berbeda. Contoh, Budi menilai sepeda A nyaman digunakan olehnya. Tetapi saat Toni menggunakan sepeda A, ia menilai sepeda tersebut kurang nyaman.

Apa saja sparepart yang umum diupgrade untuk menunjang kenyamanan, diantaranya saddle/jok sepeda, handle bar, grip, dan lain-lain.

Beberapa sparepart menunjang kenyamanan diantaranya memiliki dasar perhitungan sesuai bentuk fisik Anda. Contoh, sadel/jok sepeda harus sesuai dengan ukuran bokong Anda, handle bar harus sesuai dengan lebar (minus/plus 1cm) bahu Anda, dan sebagainya.

3. Cosmetic
Cosmetic berarti penampilan atau rupa dari sepeda. Apa yang Anda cari dari mengupgrade sepeda atas dasar cosmetic adalah kepuasan diri atau eksistensi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN