Mohon tunggu...
Reno Dwiheryana
Reno Dwiheryana Mohon Tunggu... Blogger

blogger harus punya dedikasi dan harga diri. bersyukur seminim apapun keadaan. umur kian bertambah, jatah hidup di dunia semakin berkurang. mati-matian manusia demi dunia, akan tetapi dunia tidak manusia bawa mati. sebanyak apapun harta manusia tidak akan mencukupi hidup yang singkat ini.

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Stigma Car Free Day Teratur Hanya Karena Ada Pejabat Datang

4 November 2019   10:32 Diperbarui: 4 November 2019   11:53 60 3 2 Mohon Tunggu...
Stigma Car Free Day Teratur Hanya Karena Ada Pejabat Datang
CFD 3/11/2019 lowong tanpa PKL (dokpri)

Waktu telah menunjukkan jam 04.30 WIB, Penulis pun bergegas bersiap-siap untuk melakukan kegiatan bersepeda. Seperti biasa rute tujuan Penulis yaitu Car Free Day Sudirman dengan estimasi jarak tempuh sekitar 18 Km. 

Sesampainya di wilayah Sudirman tepatnya di Jl. Pemekasan, suasana sedikit berbeda Penulis rasakan disana. Beberapa petugas Satpol PP nampak sedang berjaga-jaga di beberapa titik lokasi baik arah Bundaran HI s.d Bundaran Senayan maupun arah sebaliknya. Tak sedikit juga nampak sedang bersepeda secara berkelompok menyusuri Jl. Sudirman. Entah ada apa, namun timbul rasa penasaran Penulis untuk mencari tahu.

Satpol PP bersiaga di posnya masing-masing (dokpri)
Satpol PP bersiaga di posnya masing-masing (dokpri)

Dari pengamatan Penulis di lokasi, tidak satupun Pedagang Kaki Lima (PKL) yang biasa menaruh lapaknya di pinggir jalan (dekat Stasiun Dukuh Atas) maupun di arah seberang. Jalan Sudirman terpantau lowong, hanya beberapa kendaraan bermotor hilir mudik sebelum jam CFD mulai diberlakukan.

Sekitar jam 06.10 WIB, Penulis telah menyelesaikan rute bersepeda sejauh 18 Km dari rumah hingga arah bolak balik Jl. Sudirman. Penulis rehat sejenak beristirahat di Bundaran HI yang masih sepi belum terlihat orang banyak berkumpul.

Sekilas dari pantauan Penulis begitu banyak sekali Satpol PP yang berjaga-jaga saat CFD hari Minggu ini, tak seperti Minggu CFD sebelum-sebelumnya. Sesekali nampak pula Polisi lalu lalang menyusuri lokasi untuk memastikan area aman.

Tak lama kemudian seorang warga menghampiri Satpol PP yang sedang berkumpul, ia meminta bantuan agar Satpol PP mendokumentasikan dirinya menggunakan smartphone miliknya. Cukup menarik dengan apa yang ia katakan sesudahnya, usai difoto si warga mengapresiasi apa yang Satpol PP lakukan dengan menertibkan PKL yang membuat area CFD sesak dan acapkali mengganggu aktivitas warga berolahraga.

warga dapat beraktivitas dengan leluasa pada CFD 3/11/2019 (dokpri)
warga dapat beraktivitas dengan leluasa pada CFD 3/11/2019 (dokpri)

Dan memang benar dari penelusuran Penulis CFD kali ini sangat berbeda, terpantau rapi dan lebih terorganisir. Selain tidak adanya PKL di sisi jalan utama Sudirman-Thamrin, Satpol PP yang bertugas memasang separator antara warga yang berjalan kaki dan warga yang bersepeda. Alhasil masing-masing warga melakukan aktivitasnya dengan lebih leluasa, kemudian jalur Busway pun tidak lagi terganggu. Namun demikian tidak sedikit warga yang menyadari hal ini, beberapa masih nampak masuk ke area yang bukan tempatnya. 

Oh iya jangan lupa kualitas udara Jakarta menurut lama AirVisual pada Minggu pagi dalam kategori sedang, kondisi Jakarta yang diguyur hujan pada hari Sabtu kemarin membuat udara Jakarta lebih sejuk dan polusi udara berkurang.

Masuk jam 07.00 WIB, Penulis pun memutuskan untuk pulang. Sebagaimana pernah Penulis sampaikan di artikel sebelumnya bahwa di waktu tersebut jumlah warga yang datang ke area CFD sangatlah banyak bahkan menyebabkan over capacity di titik-titik area kumpul tertentu. Dan mengapa Penulis mengutarakan agar wilayah CFD diperluas atau dilakukan di wilayah Jakarta sekitarnya agar konsentrasi warga tidak hanya di Sudirman-Thamrin saja.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN