Mohon tunggu...
san san riyadi
san san riyadi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Jadilah Pribadi Yang Lebih Baik

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Penerapan Strategi Marketing dalam Pengendalian Manajemen pada Usaha Perdagangan Alat-Alat Rumah Tangga.

6 Desember 2022   00:52 Diperbarui: 9 Desember 2022   17:51 285
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Usaha Dagang merupakan bentuk usaha dengan membeli barang dan menjualnya kembali dengan tujuan memperoleh keuntungan sebesar mungkin, Keuntungan dari barang yang dijual diperoleh dengan memperhitungkan biaya distribusi dan operasional.

Disini saya akan berbagi Ilmu atau pengalaman dari tempat saya kerja yaitu dalam Usaha Perdagangan milik pribadi yang bergerak pada bidang Peralatan Rumah Tangga, Pentingnya kita menguasai Strategi Marketing adalah untuk mengatur cara pemasaran yang Efektif dan juga Efisien Untuk memperoleh Hasil/Keuntungan yang maksimal. Saya yang bertugas melayani konsumen dengan sebaik baiknya biasanya saya akan menawarkan atau memperkenalkan Barang/Produk untuk di jual secara luas ke calon pengguna.

 Lokasi nya juga tidak jauh dari Toko karena dalam pemasaran tersebut saya menawarkan langsung ke konsumen barang yang dijadikan sample yang di bawa jadi jika ada kecocokan maka bisa segera di ambil barang nya dan juga di kasih kepada konsumen. Tidak hanya menggunakan sample tetapi disini saya menerima sesuai pesanan juga jadi apa yang konsumen perlukan maka saya siap sedia melayaninya. Selagi setok masih ada maka pesanan konsumen akan dijadikan prioritas utama. Dalam Pemasaran ini Konsumen bisa membeli secara tunai dan non tunai. Jika memang konsumen tidak bisa beli tunai maka saya membuka untuk bayarnya dengan sistem kredit, Meringankan konsumen untuk bisa memiliki barang tanpa langsung bayar semua tapi bisa juga dicicil dalam pembayaran nya. Dalam pembayarannya juga Konsumen tidak diberatkan untuk melunasi cicilan nya dengan jangka waktu. Jadi saya memberikan keringanan untuk mencicil semampunya dan tidak memakai jangka waktu. Hal ini juga yang sangat mempengaruhi Konsumen sehingga timbul rasa ketertarikan untuk memiliki barang yang di butuhkan tanpa harus membeli (kredit). Ini adalah salah satu Strategi saya dalam menjalankan usaha saya.

Dalam Pemasaran ini saya mengambil keuntungan jika dalam cash atau tunai yaitu sebesar 5-10% dalam 1unit barang. Tetapi jika harga kredit saya mengambil keuntungan sekitar 80-90% dalam 1unit barang. Barang yang setiap kali ada masalah atau kerusakan bisa di kembalikan dan di tukar dengan yang baru , Hal ini untuk memperpuas rasa nyaman konsumen.

Dalam pemasaran Saya juga suka mengadakan promo discon untuk meracuni konsumen supaya lebih tertarik dalam apa yang saya lakukan biasanya saya mengadakan discon sebesar 40-50% dalam 1unit barang tetapi dengan pembayaran cash. Dalam melakukan Usaha ini saya selalu memasang target disetiap Minggunya , untuk menambah semangat dalam bekerja dan supaya dalam Usahanya selalu mengalami perkembangan.

Jadi dalam usaha ini strategi marketing ini sangat di butuhkan untuk memasarkan produk apa yang akan kita jual menjadi metode yang terstruktur Tujuannya adalah agar perusahaan bisa menjual  produk dalam jumlah lebih banyak lagi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun