Mohon tunggu...
Zahrina Ghassani Diyanda
Zahrina Ghassani Diyanda Mohon Tunggu... Pekerja Swasta -

Indonesian. Writing for fun. Real Estate & Property Enthusiast. French Fries Addict. Half Moenie Half Kitchi. Happiness is a key! :)

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Artikel Utama

Pertama Kali Tinggal di Apartemen? 10 Hal Inilah yang Wajib Anda Ketahui

27 Juli 2017   22:07 Diperbarui: 28 Juli 2017   10:25 11639
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
http://blog.indiaproperty.com

Seiring dengan berkurangnya ketersediaan jumlah rumah tapak (Landed Housing) disertai pesatnya pembangunan hunian bertingkat (Vertical Housing) di wilayah perkotaan, maka kebutuhan dan permintaan hunian di apartemen pun semakin bertambah. Sehingga pada saat ini, tidak sedikit muncul keberadaaan para penghuni baru apartemen yang rata-rata belum memiliki pengalaman untuk tinggal di hunian bertingkat.

Bagi orang-orang yang sudah bertahun-tahun dan terbiasa tinggal di apartemen, mengetahui berbagai macam peraturan dan sistem yang berada di apartemen adalah hal yang mudah. Namun bagaimana jika anda adalah salah satu orang yang sama sekali belum pernah tinggal di apartemen?

Sebenarnya banyak sekali aspek dalam hunian yang perlu anda kuasai dan pahami apabila anda sudah menetapkan hati untuk tinggal di apartemen. Namun, pada dasarnya terdapat 10 hal yang anda tidak boleh lewatkan ketika anda pertama kali menginjakan kaki di apartemen. Berikut adalah hal-hal basic but essentialyang perlu anda ketahui:

1. Aktif dalam Hal Registrasi Penghuni

Apakah anda termasuk kedalam orang yang sangat malas untuk mengurus administrasi pada saat membeli/menyewa sebuah apartemen? Stop kebiasaan buruk itu! Karena bila anda mulai menjadi penghuni apartemen, identitas dan latar belakang keluarga anda adalah hal yang sangat penting. Tidak sedikit para penghuni yang menyepelekan dan bahkan enggan untuk menulis ataupun memberikan data diri mereka kepada badan pengelola. 

Sebagai informasi bagi badan pengelola dalam melakukan pemantauan para penghuni apartemen, pentingnya ketersediaan informasi anda adalah pada saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti pencurian, kebakaran ataupun force majeure.Contohnya pada saat terjadi kebakaran, maka tim badan pengelola mengetahui unit-unit apartemen mana saja yang berisi anak kecil, dewasa ataupun lansia. Sehingga memudahkan mereka dalam mengevakuasi dan menyelamatkan para penghuni. Namun apa jadinya bila anda lupa untuk melengkapi data diri suami/istri, anak atau bahkan orang tua anda yang ikut tinggal dalam unit anda?

2. Mengetahui Jatuh Tempo Biaya Service Charge & Sinking Fund

Tidak seperti tinggal di rumah tapak, terdapat biaya yang perlu anda bayar jika tinggal di apartemen selain daripada biaya listrik dan air. Biaya tersebut dinamakan "Service Charge" dan "Sinking Fund". Untuk apakah biaya service chargedan sinking fundtersebut? Perbaikan gedung, perawatan, asuransi gedung, keperluan administrasi pengelola gedung, management fee, biaya gaji karyawan yang mengelola apartemen dan biaya operasional lainnya termasuk kedalam komponen biaya service charge.

Sedangkan sinking fund adalah dana cadangan yang dipergunakan untuk biaya perawatan gedung dan area umum. Anda akan mendapatkan jumlah nominal tagihan service chargedan sinking fundsesuai dengan luasan unit apartemen yang anda huni. Jangka waktu penagihan memiliki durasi yang berbeda-beda, dari mulai per-bulan, per-3 bulan atau bahkan pertahun dan wajib anda bayar. Tagihan ini dikirimkan melalui mailbox, e-mail,ataupun sms. Apakah konsekuensinya jika kita tidak membayar service chargedan sinking fund?Jangan berharap anda akan tidur nyenyak jika anda telat membayar service charge,karena pengelola gedung akan memutuskan fasilitas listrik dan air anda.

3. Mengetahui Waktu Masuk-Keluar Barang

Jika anda dengan mudahnya memasukan dan mengeluarkan barang pada saat tinggal di rumah tapak, maka jangan pernah sekalipun anda pindahan rumah ataupun memasukan/mengeluarkan barang di malam hari ke/dari unit anda. Apartemen adalah tempat dimana hunian anda bersinggungan langsung dengan hunian sebelah kanan/kiri dan atas/bawah anda. Hampir semua apartemen menerapkan sistem keluar/masuk barang sesuai dengan waktu yang sudah ditetapkan. Biasanya jam operasional keluar/masuk barang berada pada pukul 09.00-15.00 di waktu weekenddan 09.00 - 12.00 di hari Sabtu. Jadi, aturlah jam pemindahan barang-barang anda sesuai dengan jadwal yang ditentukan, ya!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun