Mohon tunggu...
Samsudin Simatupang
Samsudin Simatupang Mohon Tunggu... Penulis - Penulis

Penulis kelahiran Palembang pada 13 nopember 1961. Saat ini menjadi anggota PPPSU ( Perkumpulan Penulis Pendidik Sumatera Utara ). Kegiatan sehari hari menulis artikel di Gurusiana Media Guru dan Kompasiana Indonesia, Pemerhati Kegiatan Sosial Kemasyarakatan.

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Obyek Wisata Bersejarah Lobudao Kecamatan Saipar Dolok Hole Tapanuli Selatan yang terbuang

22 September 2022   09:51 Diperbarui: 22 September 2022   10:07 136 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Dokumen Humas Kabupaten Tapanuli Selatan

Dokumen Humas Kabupaten Tapanuli Selatan
Dokumen Humas Kabupaten Tapanuli Selatan

Bila anda berada di Kecamatan Saipar Dolok Hole, Kecamatan Tapanuli Selatan, Sumatera Utara maka bisa mengunjungi satu Obyek Wisata Lobudao di Desa Parsiluman. 

Wisata ini merupakan situs arkeologis dari zaman prasejarah yang sangat menarik. Di tempat wisata ini dapat anda temukan peninggalan prasejarah seperti fragmen relief-relief yang dipahatkan pada papan-papan batu putih (andesit) khas batu dari tradisi megalitik dan fragmen patung-patung manusia.

Perjalanan menuju lokasi wisata ini dapat ditempuh dari Sipagimbar ( ibukota Kecamatan Saipar Dolok Hole ). Jalan  selebar tiga meter,  terkadang menyempit di beberapa bagian karena ditutupi rumpun semak perdu. Anda akan  disuguhi pemandangan asri perkebunan warga yang ditanami berbagai tanaman produksi seperti karet dan kopi. 

Memang daerah Kecamatan Saipardolok Hole sangat terkenal dengan sentra kopi (varietas Robusta maupun Arabika) di Kabupaten Tapanuli Selatan. Anda akan mencium aroma bunga kopi yang terjadi saat pohon ini berbunga pada akhir tahun.

Hanya sayang obyek Wisata Lobudao ini kurang mendapat perhatian dari Pemda Kabupaten Tapanuli Selatan. Sehingga keberadaannya kini kurang banyak diketahui para wisatawan. Masyarakat sekitar Wisata Lobudao seakan tidak peduli dengan situs prasejarah yang bernilai sejarah. 

Kita mengharapkan Wisata Labudao ini dapat dikembangkan kembali oleh Pemda Kabupaten Tapanuli Selatan agar para wisatawan dan arkeolog dapat mengunjungi untuk menjadi penelitian. Semoga situs sejarah ini menjadi bahan penelitian kembali bagi Dinas Arkeolog dan Sejarah Pemda Sumatera Utara dan merupakan asset nasional.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan