Mohon tunggu...
Samsudin Simatupang
Samsudin Simatupang Mohon Tunggu... Penulis - Penulis

Penulis kelahiran Palembang pada 13 nopember 1961. Saat ini menjadi anggota PPPSU ( Perkumpulan Penulis Pendidik Sumatera Utara ). Kegiatan sehari hari menulis artikel di Gurusiana Media Guru dan Kompasiana Indonesia, Pemerhati Kegiatan Sosial Kemasyarakatan.

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan

Perlu Solusi tepat Mengatasi Kelangkaan BBM

14 Agustus 2022   07:11 Diperbarui: 14 Agustus 2022   07:25 2820 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Birokrasi. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Menghadapi kelangkaan BBM khususnya jenis pertalite dan solar tentunya membuat masyarakat kewalahan. Mereka harus berkelling mencari SPBU yang menyediakan kedua jenis BBM ini dan harus antri berjam jam. 

Padahal negara kita masih dapat memproduksi BBM dengan baik dan stabil. Tentunya hal ini menjadi persoalan yang perlu dicari solusi tepat agar masyarakat tidak merasa kebingungan dengan keadaan ini.

Pemerintah tentunya perlu mencari solusi tepat dalam mengatasi masalah BBM ini agar dapat menenangkan masyarakat. Ada beberapa solusi tepat untuk menyelesaikan masalah ini yaitu untuk kendaraan dengan ukuran diatas 1500 cc tidak boleh mengisi dengan  pertalite dan solar. Cara lain adalah untuk kendaraan menggunakan flat merah maka tidak boleh menggunakan BBM jenis pertalite dan solar. Disamping itu perlu pengawasan ketat terhadap SPBM nakal yang bermain dengan para pemasok BBM kedua jenis. Dimana pertalite dan solar dijual melalu pengecer jalan dan mirisnya berada dekat SPBU.

Pemerintah harus meningkatkan kesadaran masyarakat dan membangkitkan nasionalisme agar dapat menggunakan BBM jens pertalite dan solar dengan baik. 

Masyarakat dihimbau untuk menyadari penyalahgunaan BBM jenis pertalite dan solar sangat merugikan orang lain. Kita harus sadar bahwa pengamalan Pancasila dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan baik agar dapat menjaga rongrongan dari orang orang yang bertanggung jawab. Kepada pengusaha diharapkan untuk mengelola BBM jenis pertalite dan solar dengan jujur dan tidak memanipulasinya dan merugikan masyarakat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan