Mohon tunggu...
sampe purba
sampe purba Mohon Tunggu... Pemuka Agama - Insan NKRI

Insan NKRI

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Cuan - Cengli - Cincai

7 Juli 2022   18:31 Diperbarui: 7 Juli 2022   18:35 779 6 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Cuan - Cengli - Cincai : Produktif - Jujur - Kolaboratif

Oleh : Sampe L. Purba

Istilah di atas sesungguhnya telah lama kita kenal. Bahkan sudah ada yang diadopsi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).
Tiga Prinsip dalam berbisnis - berasal dari kebiasaan berbisnis (Lex Mercantoria) kalangan Tionghoa.
Hanya memang, pernah ada masanya (terutama di masa Orla)  "pembusukan/ peyoratif" terhadap istilah dan prinsip hidup budaya Tionghoa, seolah olah artinya negatif. Sama negatifnya dengan istilah kolaborasi pada zaman pendudukan kolonial, yg diartikan dengan mata-mata.

Adalah BTP (Pak Ahok) dalam kapasitasnya sebagai Komisaris Utama Pertamina secara terbuka dan gamblang belum lama ini meminta agar Pertamina grup menerapkan ketiga prinsip tersebut dalam berbisnis.

CUAN
Cuan berarti keuntungan, manfaat. Berbisnis harus menghasilkan keuntungan dan memberi manfaat. Manfaat yang bersifat jangka pendek hingga jangka panjang. Manfaat kepada Korporasi, Shareholders hingga Stakeholders.

Berbisnis itu bukan  soal harmoni atau comfort zone. Tetapi harus ada inovasi, kompetisi. Mungkin ada gesekan. Misi berbisnis bukan untuk menyenangkan semua orang. Bisnis juga bukan charity. Hidup tidak sekedar guyub, atau mangan ora mangan, ngumpul.

Hidup harus berdampak, bermanfaat. Produktif, Cuan !

CENGLI
Cengli adalah prinsip kejujuran. Jujur dalam berkongsi, berinteraksi. Jujur dalam pikiran hingga tindakan. Satunya kata dan perbuatan. It's about Fairness. Cengli bukan governance, yang harus ketat mengikuti S.O.P atau prosedur. Cengli mengutamakan result, bukan proses.

Cengli adalah kesediaan memberi uluran  tolong menolong dan saling menghidupi. Urip iku Urup... adalah ungkapan Jawa yang mendekati cengli.
Kat atau janji adalah credo kehormatan. Your crown is your words.
Coba anda berjalan jalan ke pusat pusat perniagaan Pecinan... Bisa Milyaran rupiah berputar di situ, termasuk pinjam meminjam. Tanpa kwitansi. Hanya pencatatan orat-oret masing-masing. Tidak perlu note reconciliation. Tetapi mereka respect.
Prinsip berdagang kaum Tionghoa ... you may lose your cuan, tetapi jangan sampai kehilangan cengli. Kejujuran adalah modal untuk kepercayaan. Kepercayaan itu membuja pintu untuk  Cuan !!

CINCAI
Cincai berarti menemukan titik kompromi. Titik tengah... Win Win Solution. Pernah kata Cincai ini ditahbiskan seolah olah persekongkolan. Sesungguhnya tidak.
Cincai adalah Practicality dalam hidup.
If you can make simple, why you complicate.

Ini agak bertentangan dengan pameo di sebagian birokrasi atau pedagang pengaruh... To complicate the simple things... atas nama governancelah, konsensuslah, petunjuk pimpinanlah etc...

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan