Mohon tunggu...
Samhudi Bhai
Samhudi Bhai Mohon Tunggu... Bhinneka Tunggal Ika

Kompasianer Brebes Community (KBC)-68 Jawa Tengah -Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Hukum Pilihan

Polisi Tangkap Penghina Gus Miftah

26 Mei 2021   00:22 Diperbarui: 26 Mei 2021   00:29 524 19 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Polisi Tangkap Penghina Gus Miftah
Tangkapan layar video penghinaan gus miftah/sumber: instagram.com/gusmiftah

KH Miftah Maulana Habiburrahman atau yang biasa panggil Gus Mifah kembali menjadi buah bibir dimedia sosial dalam beberapa hari ini terkait video ujaran kebencian oleh sorang Pemuda asal Trenggalek di akun di instagram.

Pengasuh Pondok Pesantren Ora Aji Sleman Yogyakarta ini selain dikenal sebagai Pendakwah, Penasehat @generasi_muda_nu_official (GMNU) juga merupakan aktivis dari Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Sunan Kali Jaga Yogyakarta Jawa Timur.

Namun, baru-baru ini Beliau mendapatkan sebuah penghinaan atau ujaran kebencian dimedsos (Hate Speech) oleh seorang pemuda asal Trenggalek .

Penghinaan tersebut tentu saja langsung direspon oleh Gus Miftah. Video dari pemuda berumur 24 tahun bernama asli Harmoko tersebut pun ikut diviralkan oleh Gus Miftah pada akun resmi miliknya di instagram @gusmiftah. Sedangkan tersangka menggunggahnya pada hari Selasa 25/5 saat jam 12 siang.

Hingga kini unggahan Gus Miftah terkait ujaran kebencian sudah lebih dari 1/2 juta kali ditonton dan respon oleh para followernya lebih dari 600 ratus kali komentar dalam 9 jam yang lalu.

"Uber gus,,,,ajak ngopi" ujar pemilik akun @siti_aysha, kemudian disusul oleh para ratusan akun lainnya "sikat gus...kalo dia nangis di polisi tempeleng aja mukanya (dengan emot tertawa) "ujar akun @adeal__ dalam komentarnya diakun Gus miftah pada Selasa 25/2/2021.

Pada hari yang sama Polisi melakukan perburuan untuk menangkap penghina @gusmiftah setelah sebelumnya Beliau merespon video ujaran kebencian dengan caption "Ok tunggu ya broooo @mokooku fix lanjut" ujar Gus Miftah pada video yang dibikin oleh @mokooku.

Harmoko (tengah) saat di kantor polisi trenggalek/sumber: instagram.com/gusmiftah
Harmoko (tengah) saat di kantor polisi trenggalek/sumber: instagram.com/gusmiftah
Pemuda pemilik akun tersebut pada akhirnya ditangkap oleh Polisi Trenggalek desa Ngrambingan Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek pada 25/5/2021 Setelah sebelumnya dengan nada kasar dan penuh umpatan beredar dimedia sosial.

Tidak butuh waktu lama sekitar satu jam lebih setelah Gus Miftah menggungah video ujaran kebencian tersebut. Kini pemuda asala Trenggalek Jawa Timur tersebut pun terlihat sedang digendang, sepertinya netizen maha benar dan terbukti bahwa tersangka ingin diajak ngopi dikantor Polisi. Seperti kata siti..

Petugas Polisi Trenggalek saat itu juga terlihat dalam sebuah video sedang menginterogasi tersangka yang berpakaian warna kuning di kantor Polisi pada Selasa 25/5/2021. 

Gus Miftah memberikan sedikit caption pada unggahan penangkapan mokoku dengan mengatakan "sudah sowan, eh ditangkap di Polsek Tanggul Trenggalek. Tunggu episode berikutnya ya" ujar Gus Mifah. Sumber: kompas.tv

Jika Saya melihat pada akun Mokooku memang semua hampir berisi konten ujaran kebencian yang sangat dilarang di Negara Wilayah hukum Indonesia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN