Mohon tunggu...
Samhudi Bhai
Samhudi Bhai Mohon Tunggu... Bhinneka Tunggal Ika

Kompasianer Brebes Community (KBC)-68 Jawa Tengah -Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

3 Cara Mudah Mengatur Keuangan Saat Ramadan

18 April 2021   00:21 Diperbarui: 18 April 2021   00:45 268 13 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
3 Cara Mudah Mengatur Keuangan Saat Ramadan
Ilustrasi mengatur keuangan saat ramadhan/sumber: unsplash.com

Puasa Ramadhan 2021 sudah 5 hari dan kini masuk malam yang ke 6 semenjak ditetapkannya keputusan Awal Ramadhan 1442 H pada sidang isbat Selasa 13 April 2021 lalu. Subhanallah tidak terasa sudah seminggu berpuasa.

Tips mengatur keuangan saat Ramadhan bukan perkara mudah. Apa lagi sekarang dalam kondisi pandemi covid-19 yang sudah tentu semakin membuat sebagian ekonomi masyarakat kian terjepit.

Manusia merupakan makhluk sosial yang mana peran utamanya sudah dapat dipastikan mempunyai eksistensi kebutuhan demi tuntutan hidupnya.

Mungkin masih pada inget dengan mata pelajaran ekonomi disekolah bukan? Nah dari pelajaran ini setidaknya ada 3 istilah yang sering dikenal dengan kebutuhan Premier, kebutuhan Sekunder dan juga Kebutuhan Tersier. 

Kebutuhan Primer adalah sebuah kebutuhan yang merupakan prioritas dalam kehidupan, kebutuhan inilah yang dimiliki oleh masing-masing manusia.

Nah soal kebutuhan ini mungkin sering mendengar istilah jawa yang menyebutnya dengan "Sing penting cukup sandang, pangan lan papan".  

Timbul pertanyaan kan? Apa itu artinya? Sandang itu pakaian, pangan berarti makanan dan papan memiliki arti domisili yang kesemuanya kategori kebutuhan Primer. 

Bahkan disamping sandang, pangan lan papan ada pula istilah bagi yang sudah menikah yaitu sandang, sanding, sandung. Entahlah, coz Saya masih jomlo jadi kurang tahu istilah tersebut. Hahaha..

Semua manusia tidak ada yang tidak butuh sebagai fasilitas dalam hidupnya seperti motor, hape, Tv dan lain sebagainya. Inilah yang dimaksud dengan kebutuhan sekunder bagi manusia.

Selain kebutuhan Premier, Sekunder ada pula Tersier namun kebutuhan ini bisa dibilang sebagai formalitas yakni apa bila Premier dan Sekunder sudah tercukupi. 

Mengapa Saya katakan sebagai formalitas? Iya sebab kalo lagi ada duit lebih doang bisa terlaksana seperti jalan-jalan, piknik, liburan dan lain sebagainya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN