Mohon tunggu...
Samhudi Bhai
Samhudi Bhai Mohon Tunggu... Bhinneka Tunggal Ika

Kompasianer Brebes Community (KBC)-68 Jawa Tengah -Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Video Ramadan Lebaran Pilihan

Inilah 3 Menu Buka Puasa yang Sering Dilupakan

17 April 2021   00:31 Diperbarui: 18 April 2021   16:09 1762 16 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Inilah 3 Menu Buka Puasa yang Sering Dilupakan
Menyiapkan Menu Berbuka Puasa/foto: samhudi

Menyiapkan menu berbuka puasa bagi Saya sudah menjadi pekerjaan setiap hari ketika menjelang maghreb. Maklum dalam satu rumah hanya dihuni tiga orang yaitu Bapa, Mane dan Saya.

Puasa Ramadhan 2021 sudah masuk hari yang ke empat dan ini malam ke lima dari bulan ramadhan 1442 H sabtu 17 April 2021.

Aktifitas Saya setiap hari dari selesai sholat subuh kemudian tadarus Alquran satu lembar. Soale nek akeh-akeh sue-sue ngelu ndase lur, koyok mikiri awakmu kapan dadi bojone inyong, haha..

Setiap selesai baca quran tidur sebentar dan jam 07.00 pagi harus sudah berangkat kesawah. Kalo jumat hanya sampai jam 11.00 siang lalu pulang. Namun jika hari biasa pulang jam 12.00 siang, maklum lagi mau musim tanam padi yang kedua kali dikampung Saya.

Selain itu sebagai sampingan dari pekerjaan Saya, terkadang memanen kacang jebrul atau kacang tanah, cabai rawit, kangkung, dan lain sebagainya disawah sendiri yang lumayan jauh dari rumah.

Kemarin hari Jumat, Saya pulang dari sawah jam 11 siang kemudian istirahat sebentar ngilangin keringet lalu jam 1/2 12 mandi dan langsung berangkat jumatan.

Pulang jumatan kemudian tadarus kembali satu lembar lalu tidur sangkin capainya Saya bangun habis asar. Ambil wudu kemudian sholat dan tadarus satu lembar kembali. 

Selesai sholat asar Saya lihat mane (ibu) Saya habis asaran juga dan kebelakang dengan niat menyiapkan menu berbuka puasa. Kemudian Saya ikut kebelakang membantu cuci piring yang numpuk bekas sahur kemarin.

"Hari ini mau masak apa ne? Kalo bisa nyayur sop ne kaya yang lagi hari kemarin". Tanya Saya sembari nyuci piring.

"Iya boleh, masih siang ini, tar jam 1/2 4 masaknya" jawab ibu Saya singkat.

Selesai cuci Saya kedepan nonton Tv sambil sesekali buka hape dan balas-balasan chating di Gruop Whatsapp. Mungkin sangkin capainya juga batre hape Saya yang udah ngedropan, Saya pun ngecas dan tiduran. Eh ternyata ketiduran beneran. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN