Mohon tunggu...
Samhudi Bhai
Samhudi Bhai Mohon Tunggu... Penulis - Bhinneka Tunggal Ika

Kompasianer Brebes Community (KBC)-68 Jawa Tengah -Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

Inilah Cara Saya dalam Mendukung UMKM

18 Desember 2020   21:11 Diperbarui: 18 Desember 2020   21:15 308 16 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Inilah Cara Saya dalam Mendukung UMKM
Nasi pecel merupakan jenis makanan paling diminati/dokumen samhudibae

Sebagaimana pada Artikel Keluarga Tangguh yang Saya tulis kemarin terkait UMKM yang berada disekitar kita. Kali ini saya mencoba mengulasnya dengan warung nasi pecel bu mar yang nyata hampir gulung tikar disaat pandemi ini.

Keluarga Tangguh dari perjuangan para UMKM disaat Pandemi Covid-19 ini benar-benar luar biasa. Badai Pandemi ini begitu seriur menghantam segala sendi perekonomian. Pandemi pun menggugah hati nurani kita semua atau sebagai hikmah buat semuanya.

Para pelaku UMKM untuk tetap bertahan demi tuntutan hidup yang serba sulit seperti sekarang ini harus dibutuhkan extra keras dan kuat dalam menjalani hidupnya. Sehingga mereka para pelaku UMKM ini tetap stabil dalam berusaha. 

Banyak dari pelaku UMKM yang mengeluh terkait sulitnya mencari rupiah dimasa Pandemi saat ini. Tidak jarang dari mereka yang terkadang tutup, istirahat, bahkan sampai gulung tikar.

Kembang kempis ibarat nafas yang tak menentu, itulah para UMKM saat ini. Sebelum adanya Pandemi, jatuh bangun dalam setiap usaha khususnya UMKM adalah hal biasa akan tetapi setalah datang Pandemi, mereka malah jatuh sungguhan. Sangkin sepinya, Luar biasa.

1). Warung Nasi Pecel Ibu Mar Jakarta Utara

Sudah menjadi langganan Saya setiap hari sebelum berangkat kerja. Sarapan nasi pecel madura yang sedap dan nikmat rasanya. Nasi Pecel ini berlokasi dijalan Plumpang Semper Kampung Mangga Koja Jakarta Utara.

Warung nasi pecel ini sempat tutup akibat pandemi/dokumen samhudibae
Warung nasi pecel ini sempat tutup akibat pandemi/dokumen samhudibae
Nasi Pecel ini terkenal makanan Khas Kuliner dari Madiun, namun jangan salah jika orang madura pun banya yang berjualan nasi pecel. Tidak ada yang beda rasa dan teksturnya bahkan bisa dibilang rasa nasi pecel madura ini gurih rasanya.

Adalah Ibu Mar, pemilik warung nasi pecel madura asala Madura asli bangkalan. Ia telah puluhan tahun membuka usaha di daerah tersebut.

Namun semenjak pandemi ia mengaku omzetnya turun drastis tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang meraup keuntungan lumayan besar.

Warung nasi pecel ibu mar buka sekitar jam 06.00 pagi dan tutup jam 03.00 sore. Jika sedang ramai jam 02.00 juga sudah tutup dan jika kondisi sepi atau jualannya habis tidak habis tutup jam tiga sore.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x