Mohon tunggu...
Salsa Yuni Aryadi
Salsa Yuni Aryadi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Sekolah Vokasi IPB University Program Studi Manajemen Industri Jasa Makanan dan Gizi

Mahasiswa Sekolah Vokasi IPB University Program Studi Manajemen Industri Jasa Makanan dan Gizi

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Jaga Diri dan Orang Terdekat dari Covid-19

29 Juli 2021   12:51 Diperbarui: 30 Juli 2021   06:11 70 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jaga Diri dan Orang Terdekat dari Covid-19
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Pada bulan Desember 2019, terdapat beberapa kasus radang paru-paru yang tidak diketahui penyebabnya. Hal ini dikaitkan dengan pasar grosir santapan laut Huanan karena penderitanya adalah seorang pedagang di pasar hewan liar di Hubei. Pasar ini mempunyai ribuan kios yang menjual bermacam hewan, semacam ikan, ayam, burung pegar, kelelawar, marmut, ular berbisa, rusa bintik, serta hewan liar lainnya. 

Wabah virus korona dari Wuhan ini berhubungan dengan pasar yang menjual hewan untuk disantap, sehingga penyakit tersebut diprediksi berasal dari hewan. Hal tersebut menimbulkan kekhawatiran jika wabah virus korona baru akan mirip dengan wabah SARS.

Virus korona dapat menyerang siapa saja, termasuk ibu hamil ataupun menyusui dan balita serta kanak- kanak. Terdapat 3 indikasi utama yang bisa timbul pada Covid-19, yaitu demam tinggi, batuk, serta sesak napas. Penderita juga dapat mengalami sakit kepala, pilek, diare, nyeri otot, sakit tenggorokan, mual serta muntah. Namun, indikasi ini tidak sering terjadi dan tidak khas pada penderita Covid-19. Waktu dari paparan virus sampai munculnya gejala klinis berkisar antara 1--14 hari dengan rata- rata 5 hari. Infeksi menyebar dari satu orang ke orang lain melalui percikan dari saluran pernapasan yang kerap dihasilkan disaat batuk ataupun bersin.

Pencegahan virus korona dapat dilakukan dengan bermacam cara. Kita diwajibkan untuk mencuci tangan, menjaga jarak dari orang yang batuk, tidak memegang wajah dengan tangan yang tidak bersih, dianjurkan untuk menutup hidung serta mulut dengan tisu ataupun siku yang tertekuk pada saat batuk, serta memakai hand sanitizer. Selain itu, diwajibkan juga untuk menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah dan menghindari kontak langsung dengan penderita Covid-19. Tak lupa, kita pun harus menjaga pola hidup sehat dan makan makanan yang bergizi agar imun kita kuat.

Menjaga kebersihan diri merupakan salah satu metode yang sangat berarti untuk menghindari virus korona ini, salah satunya yaitu dengan cuci tangan. Kebiasaan yang satu ini walaupun sederhana tetapi sangat berarti untuk menjaga kebersihan diri. Mencuci tangan dengan sabun sangatlah penting untuk dilakukan terutama pada saat sebelum serta setelah makan, sehabis mengenakan wc, saat sebelum berinteraksi dengan anak kecil, saat sebelum serta setelah memasak, ataupun sehabis bermain dengan hewan peliharaan. Mencuci tangan lebih baik apabila memakai sabun serta dengan air mengalir. 

Tetapi bila tidak terdapat pilihan lain, dapat juga memakai air yang telah ditampung. Selain menggunakan air dan sabun, jika tidak ada air kita dapat mencuci tangan menggunakan hand sanitizer. Tidak hanya menjaga kebersihan diri sendiri, kita pun wajib peduli terhadap area sekitar kita. Misalnya, jika kita ingin bersin ataupun batuk, alangkah baiknya kita menutup nya dengan lengan pakaian kita ataupun tetap mengenakan masker.

Metode menjaga kesehatan itu sesungguhnya sangat mudah, mulai dari hal yang kecil seperti memakan santapan yang matang ataupun sehat seperti sayur, berolahraga, mencuci tangan, tidur yang cukup, serta menjaga kebersihan. Berolahraga pula sangat berarti untuk menjaga energi tahan tubuh. Dengan berolahraga, tubuh kita menjadi sehat serta tidak rentan terkena penyakit. Contoh olahraga yang gampang dilakukan dirumah yaitu push up serta sit up.

Menjaga kebersihan tidak hanya saat di luar rumah. Sesampainya di rumah sehabis berpergian, disarankan untuk mandi serta bersih- bersih tanpa terkecuali. Tidak hanya itu, sediakan pula keranjang baju khusus baju serta masker yang sudah dipakai bepergian agar bakteri tidak menempel di baju kotor lainnya. 

Apabila memungkinkan, langsung mencuci masker serta baju yang habis dipakai bepergian. Pada saat mandi, disarankan pula untuk keramas serta menyabuni tiap bagian tubuh. Untuk melindungi keluarga dari segala macam kuman yang terdapat di luar rumah, pilihlah sabun yang memiliki bahan antibakteri, semacam IPMP dan sanisol. Tidak hanya itu, bilas pula barang- barang yang dibawa keluar rumah, misalnya tas, dompet, ataupun handphone.

Masyarakat mempunyai peranan penting dalam memutus rantai penyebaran Covid-19 agar tidak menimbulkan sumber penularan baru. Masyarakat mesti sanggup beraktivitas kembali dalam situasi pandemi Covid-19 dengan menyesuaikan diri pada kebiasaan baru yang lebih sehat serta lebih bersih. Masyarakat wajib menerapkan perubahan pola hidup dengan tatanan serta adaptasi kebiasaan yang baru supaya bisa hidup produktif serta terhindar dari penularan Covid-19. Kunci dalam menekankan penurunan penularan Covid-19 ialah kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan prinsip pola hidup yang lebih bersih serta sehat sehingga diharapkan wabah Covid-19 dapat segera berakhir.

Referensi :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x