Mohon tunggu...
Salsabilla
Salsabilla Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

Nama saya Salsabilla, Saya Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Prodi Manajemen.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Go Digital Memperkuat Strategi UMKM

21 Mei 2023   18:20 Diperbarui: 21 Mei 2023   18:27 261
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Contoh Ilustras Go Digital (Sumber: unsplash.com)

Go Digital adalah upaya bisnis atau UMKM dalam mengoptimalkan pemanfaatan sarana teknologi secara online untuk menjalankan bisnisnya. Dengan begitu, proses pemasaran atau promosi produk bisnis dilakukan dengan platform digital sehingga bisa menjangkau konsumen lebih cepat, luas, dan relevan.

Untuk saat ini salah satu upaya pengembangan UMKM di Indonesia adalah dengan memberikan akses seluas-luasnya kepada UMKM untuk dapat go digital. Strategi pemasaran modern tidak terbatas pada promosi offline, tetapi sudah memanfaatkan teknologi untuk menjangkau pasar lebih luas lagi. Langkah seperti ini disebut dengan go online. Maksudnya ialah sebuah langkah memanfaatkan internet untuk memperluas jangkauan promosi.  

Berikut beberapa alasan mengapa UMKM harus Go Digital :

- Pengguna Internet yang Semakin Banyak

Pada jaman sekarang Pengguna Internet semakin banyak mulai dari anak kecil sampai orang dewasa. Hal ini dikarenakan lebih banyak masyarakat di daerah perbatasan yang bisa menjangkau internet. Berbekal data ini, sangat masuk akal jika para pelaku UMKM dapat menjangkau ranah digital. 

- Biaya Operasional yang Lebih Murah 

Ekosistem digital dapat lebih menekan biaya operasional, seperti sewa kios, workshop, atau cara pemasaran offline lainnya. Melalui go digital, pemilik UMKM tidak harus memiliki toko fisik untuk memasarkan produk, karena bisa memanfaatkan website atau media sosial. Jadi dapat membuat biaya operasional lebih hemat.

- Pertumbuhan UMKM Lebih Cepat 

Begitu cepatnya penyebaran informasi saat ini bisa menjadi kunci utama untuk menjalankan pemasaran digital pada bisnis UMKM. Pemanfaatan platform digital secara maksimal dapat membuat orang yang melihat produk kita semakin banyak, jadi potensi penjualan juga akan semakin meningkat.

- Meningkatkan kredibilitas dan profesionalitas

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun