Mohon tunggu...
Salsabila Jafi
Salsabila Jafi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Narasi Deskripsi Penalaran Deduktif Tugas Logika BKI IAI Syarifuddin

1 November 2023   15:13 Diperbarui: 1 November 2023   15:21 77
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Premis 1: Mahasiswa dan mahasiswi adalah seseorang yang sedang menempuh pendidikan diP erguruan Tinggi.

Premis 2: Saya adalah mahasiswi.

Kesimpulan: Saya sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

Sebagai mahasiswi, saya memiliki karakteristik yang khas. Salsabila Jafriya Finory adalah nama lengkap saya. Nama panggilan saya adalah salsa. Dengan kelahiran Lumajang,11 Maret 2004 dan saat ini usia saya adalah 19 tahun. Saya merupakan anak pertama dari dua bersaudara. Menjadi anak pertama mempunyai cerita tersendiri bagi saya untuk menjadi panutan untuk adik saya. Melalui dunia pendidikan ini, saya ingin meraih cita-cita,mengembangkan skill,membentuk karakter dan mengubah pola pikir. Dengan tujuan tersebut, saya dapat menyelesaikan suatu permasalahan dengan baik. Ciri khas saya yang pertama adalah mempunyai semangat belajar yang tinggi. Hal ini dapat dilihat dari keinginan saya untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi dan mengejar gelar sarjana. Gelar sarjana tidak bisa didapatkan dalam sehari semalam saja,maka dari itu saya harus memiliki semangat dan tekad yang kuat untuk menyelesaikan apa yang sudah saya mulai pada tahun 2022 sampai pada waktu yang telah ditentukan. Semangat belajar yang tinggi sangat penting untuk mencapai kesuksesan dalam menuntut ilmu serta meraih cita-cita. Belajar adalah sebuah proses yang tidak pernah hilang oleh waktu. Dimanapun dan kapanpun,kita bisa belajar. Dengan belajar, seseorang bisa menjadi pintar dan cerdas. Terkadang, perasaan malas itu datang, sehingga membuat saya menunda atau bahkan berhenti belajar. Akan tetapi, hal tersebut merupakan hal yang lumrah dan wajar. Saat dalam kondisi tersebut, saya selalu mengingat kata-kata motivasi yang telah saya baca, yaitu jangan sampai terlena dan berlarut-larut. Kita harus kembali semangat belajar untuk meraih cita-cita. Ketika saya sudah tidak memiliki semangat belajar, saya mencari jalan keluar agar bisa kembali menemukan semangat dalam belajar. Saya biasanya membaca kata-kata motivasi belajar singkat untuk kembali membakar semangat. Meskipun singkat, kata-kata tersebut tetap tidak mengurangi maknanya. Kata-kata motivasi belajar itulah yang bisa membantu saya untuk meningkatkan semangat belajar. Belajar memang tidak mudah, tetapi lebih susah lagi jika kita tidak tahu apa-apa. Ingatlah selalu bahwa kesuksesan adalah hal yang tidak mudah diraih, sehingga perlu perjuangan untuk mencapainya. Jika kesuksesan itu mudah,maka semua orang bisa sukses dan tidak akan ada definisi dari kesuksesan itu sendiri. Kedua, saya memiliki kemampuan untuk bekerja sama dengan orang lain. Hal ini merupakan hal penting, karena sebagai mahasiswi saya akan sering bekerja dalam kelompok untuk menyelesaikan tugas-tugas akademik. Bekerja sama dengan orang lain adalah kemampuan yang sangat penting dalam kehidupan, baik dalam dunia pendidikan maupun dalam kehidupan sehari-hari. Apabila hubungan dengan orang lain baik, kita dapat mengomunikasikan masalah, pendapat,dan segala hal yang berhubungan dengan permasalahan tanpa kesulitan. Dengan begitu, kita dapat melakukan sesuatu dengan lebih mudah dan cepat. Di dalam kerja sama ini dibutuhkan sikap persaudaraan dan persahabatan sehingga di dalam niat akan tercipta rasa aman dan memperoleh dukungan antara saya dengan orang lain. Saya sering menjadi pendengar untuk teman dekat saya, menjadi pendengar yang baik tidak hanya mendengarkan, namun juga ikut merasakannya secara pribadi seakan-akan dia sendiri yang merasakannya. Sebagai makhluk sosial sudah seharusnya kita melakukan kerja sama dengan baik. Kerja sama dengan orang lain menjadikan kreativitas dan inovasi dapat timbul. Dengan berdiskusi dan berkolaborasi, ide-ide baru dapat muncul dan pekerjaan dapat diselesaikan dengan cara yang lebih efektif dan efisien.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun