Mohon tunggu...
Salsabila Kosaza
Salsabila Kosaza Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Diponegoro

Salsabila Kosaza merupakan mahasiswa Ilmu Pemerintahan FISIP Angkatan 2018 di Universitas Diponegoro Semarang. Saat ini saya sedang menjalankan pelaksanaan KKN Tim II Undip 2021.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Cegah Konflik Antarwarga: Mahasiswa Sosialisasikan Pencegahan Hoax

6 Agustus 2021   07:42 Diperbarui: 8 Agustus 2021   13:14 30 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cegah Konflik Antarwarga: Mahasiswa Sosialisasikan Pencegahan Hoax
Dok. pribadi

Jakarta (2021), pada minggu ke-4 dan 5  Mahasiswa KKN Tim II Undip melaksanakan Program Kegiatan Sosialisasi Pencegahan Hoax yang diselenggarakan oleh Salsabila Kosaza (20), Mahasiswa Ilmu Pemerintahan FISIP Undip Angkatan 2018, pada hari Senin, 26 Juli 2021 dan Minggu, 1 Agustus 2021. Program  Sosialisasi Pencegahan Hoax dilaksanakan untuk merealisasikan pelaksanaan SDG's No. 16 yaitu tentang Perdamaian, Keadilan, dan Institusi Kuat. Program kegiatan ini bertema "Adaptasi Tatanan Hidup dan Edukasi Masyarakat melalui Generasi Muda Anti Hoax". Tujuan dari pelaksanaan program ini ialah untuk meningkatkan daya kritis kepada masyarakat mengenai berita yang diterima agar lebih melek dan teliti. Pelaksanaan program kegiatan ini disesuaikan dengan peraturan pemerintah terbaru yaitu PPKM Mikro dan PPKM Darurat sehingga seluruh kegiatan dilakukan secara online. Untuk kegiatan diluar rumah tetap mematuhi protokol kesehatan yaitu dengan mencuci tangan, cek suhu tubuh, serta jaga jarak.

Kegiatan dilakukan dengan memberikan sosialisasi berupa edukasi yang dilakukan secara daring/online melalui Zoom Meeting kepada masyarakat melalui generasi muda terkait cara mengetahui dan menyampaikan informasi yang benar agar tidak mudah mendapatkan/mempercayai berita hoax. Sosialisasi ini dilaksanakan melalui generasi muda sebagai agen perubahan, dimana nantinya pemuda-pemuda ini dapat mensosialisasikan serta mengedukasi masyarakat secara langung dan mempraktekannya ke lingkungan masin-masing, termasuk keluarga. Edukasi yang dilakukan secara online melalui Zoom Meeting ini dihadiri oleh Kelompok Remaja RT 05 Kelurahan Cipayung pada hari Minggu, 1 Agustus 2021 pukul 16.15 WIB. Pelaksanaan Sosialisasi Pencegahan Hoax melalui edukasi secara online ini dilakukan oleh Salsabila Kosaza sebagai pemateri yang menjelaskan tentang hoax dimasa pandemi, dampak, cara mencegah serta cara melaporkan hoax. Pemateri juga mensosialisasikan gerakan "Saring sebelum Sharing" kepada kelompok Remaja RT 05 dengan tujuan untuk mengedukasi generasi muda agar lebih bijaksana dalam menerima informasi.

Selain kegiatan edukasi, sosialisasi dilakukan melalui pembuatan poster "Stop Penyebaran Hoax: Saring sebelum Sharing" yang ditempel di tempat-tempat yang mudah dibaca oleh masyarakat serta sosialisasi melalui media sosial seperti whatsapp grup, instagram, dan lain sebagainya. Dengan adanya program ini diharapkan agar meningkatnya daya kritis masyarakat agar tidak mudah terpengaruh akan berita hoax yang diterima. Setelah program dilaksanakan, respon dari Kelompok Remaja dan Ibu-Ibu PKK RT 05 sangatlah positif dan cukup antusias. Masyarakat dapat dengan mudah memahami dan menerima edukasi dan informasi yang dilakukan selama pelaksanaan kegiatan Sosialisasi berlangsung. Setelah semua kegiatan berjalan, program sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk lebih bijaksana dan waspada terdahap hoax yang tersebar luas di internet dan dapat menyebarkan serta mengedukasi masyarakat lainnya.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x