Mohon tunggu...
Salmun Ndun
Salmun Ndun Mohon Tunggu... Guru - Guru UPTD SMP Negeri 1 Lobalain

Membaca itu sehat dan menulis itu hebat. Membaca adalah membawa dunia masuk dalam pikiran dan menulis adalah mengantar pikiran kepada dunia

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Merunut Korelasi Pengetahuan dan Kepribadian

25 Mei 2024   04:41 Diperbarui: 26 Mei 2024   00:16 400
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi anak belajar, siswa belajar. (Sumber: shutterstock via kompas.com)

Dalam dinamika kompleks manusia, ada faktor-faktor yang secara mendalam memengaruhi karakter individu. Pengetahuan, sebagaimana yang dipahami, diserap, dan diinternalisasi merupakan elemen yang sering kali dianggap sebagai pendorong utama dalam pembentukan kepribadian

Dari sudut pandang psikologis hingga filosofis, konsep tentang bagaimana pengetahuan bertautan dengan karakter telah menarik perhatian para ahli selama berabad-abad.

Dalam ulasan ini, penulis akan merunut korelasi antara pengetahuan dan kepribadian, menjelajahi bagaimana pengetahuan memengaruhi sikap, nilai, dan perilaku individu. 

Dengan mendalami dan menyelidiki bagaimana pengetahuan bukan hanya menjadi dasar intelektual, tetapi juga menjadi fondasi pembentukan moral.

Konsep Pengetahuan dan Kepribadian

Pengetahuan, dalam konteks ini, bukanlah sekadar akumulasi fakta dan informasi, tetapi juga pemahaman yang mendalam tentang dunia di sekitar kita. Ini mencakup pengetahuan tentang ilmu pengetahuan, seni, sejarah, etika, dan banyak lagi. 

Lebih dari sekadar pengetahuan, ia mencakup cara kita memahami, menafsirkan, dan menghubungkan informasi tersebut dengan pengalaman pribadi dan interaksi sosial kita.

Selain itu, kepribadian merujuk pada pola perilaku, pikiran, dan emosi yang konsisten dari seseorang, yang membentuk inti dari identitas individu. Ini mencakup sifat-sifat unik, preferensi, kecenderungan, dan nilai-nilai yang membedakan satu individu dari yang lainnya. 

Jadi, ketika kita membicarakan korelasi antara pengetahuan dan kepribadian, kita mengeksplorasi bagaimana pengetahuan yang dipahami dan digunakan oleh seseorang mempengaruhi cara mereka mempersepsikan, merespons, dan bertindak dalam kehidupan sehingga dapat membentuk karakter dan identitas mereka.

Para ahli dari berbagai bidang telah memberikan pandangan yang beragam tentang korelasi antara pengetahuan dan kepribadian. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun