Salma Mutiana
Salma Mutiana Mahasiswi Vokasi Humas Undip

Have more than you show and speak less than you know

Selanjutnya

Tutup

Digital

Aplikasi Android Buatan Indonesia yang (Siap) Mendunia

8 Oktober 2018   05:41 Diperbarui: 8 Oktober 2018   05:48 567 0 0
Aplikasi Android Buatan Indonesia yang (Siap) Mendunia
Olah pribadi

Ada ribuan aplikasi android yang bisa kita unduh dengan gratis bertebaran di Play Store, mulai dari game, medsos, berita, belanja, agama, hiburan bahkan politik.

Saking banyaknya pilihan, sampai membuat kita bingung menentukan aplikasi yang paling sreg, baik sreg di hati atau sreg di hape kita.  
Nah dari sekian banyaknya aplikasi tersebut, ada bebrapa aplikasi jempolan yang ternyata bikinan lokal orang Indonesia, baik yang didevelop oleh perusahaan maupun perorangan.

Yuk kita lihat aplikasi apa saja itu, nggak ada salahnya kok kita coba install.

  • Callind
    Mirip atau memang mencoba meniru (menandingi?) whatsapp, aplikasi chatting ini dikembangkan oleh Novi Wahyuningsih gadis asal Desa Tepakyang, Kecamatan Adimulyo, Kebumen, Jawa Tengah, lulusan D3 Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gadjah Mada.
    Sebenarnya ada beberapa aplikasi chatting lain buatan anak bangsa, tetapi pilihan saya terlanjur jatuh ke yang ini. Walau belum sesempurna Whatsapp, namun potensinya bisa jadi akan melampauinya.
    Lihat aplikasinya di sini :
    Callind

  • Al Quran Indonesia
    Saya rekomendasikan Al Quran bikinan Andi Unpam ini. Al Quran digital ini juga sedang dikembangkan dalam terjemahan berbagai macam bahasa, sehingga ada harapan besar untuk segera mendunia. Dilengkapi juga dengan terjemahan dan audio, plus fitur bagi pengunduh untuk memberikan donasi yang 100% disumbangkan ke anak yatim dan dhuafa. Subhanallah ! semoga diberikan berkah bagi para pengembangnya.
    Lihat aplikasinya di sini :
    Al Quran

  • Jawa Bee Music Player
    Adalah aplikasi pemutar musik bikinan anak anak semarang (Jawa Bee Studio) dengan fitur unik, yaitu kita bisa "menempelkan" photo pribadi sebagai latar belakang aplikasi. Perpaduan antara art dan teknologi yang serasi. Walaupun pada umumnya smartphone telah memiliki music player bawaan namun fiturnya tak selengkap ini. Sudah lebih dari satu tahun aplikasi ini mampu bertahan di smartphone saya. Ukuran file cuma 5 Mb dan loadingnya cepat. Dukungan Bass Booster pada equalizernya membuat suara jernih, OK banget.
    Lihat aplikasinya di sini :
    Jawa Bee

  • PicMix
    Editor photo yang satu ini memang sudah terbukti mampu besaing di tingkat dunia. Saking kerennya tadinya malah saya menduga aplikasi ini bikinan luar negeri. 10 juta orang dari seluruh dunia telah mendownload aplikasi yang didevelop oleh Inovidea Magna Global ini. Update terbaru dari aplikasi ini juga memungkinkan orang untuk mengedit video
    Lihat aplikasinya di sini :
    Picmix

Masih banyak sebetulnya aplikasi made in Indonesia yang tak kalah keren dari luar negeri, lihat saja Gojek, Qlue, babe, Traveloka, Ruang Guru dll, tapi sepertinya aplikasi -- aplikasi ini hanya untuk konsumsi orang-orang indonesia saja.

Selamat mencoba... Hidup Indoneisa !!

 Salam

Salma Mutiana