Mohon tunggu...
Salsabilla H
Salsabilla H Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Implementasi Data Mining untuk Meningkatkan Penjualan

19 Maret 2019   17:11 Diperbarui: 19 Maret 2019   17:57 336
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Sebelum lebih lanjut membahas tentang implementasi data mining mari mengenal terlebih dahulu arti dari "Data Mining" itu sendiri. Data mining adalah proses mencari, memilah, dan pemodelan dari sebuah data yang besar untuk menemukan suatu pola atau kecenderungan. Hasil dari data mining ini nantinya akan digunakan sebagai acuan untuk pengambilan keputusan.

Pengimplementasian data mining untuk meningkatkan penjualan adalah hal yang umum dijumpai pada dewasa ini. Dengan adanya implementasi  data mining dalam kegiatan jual beli tentunya akan mendatangkan lebih banyak keuntungan dari pada sebelum digunakannya data mining. Dalam pengolahan data mining dapat menggunakan beberapa teknik diantaranya Association Rule, Fuzzy, Metode Rough Set, Algoritma C4.5, dan lain-lain.

Dengan menggunakan data mining penjual dapat mengetahui kecenderungan selera pasar dari data yang diberikan oleh konsumen sendiri yaitu, struk pembelian. Produk yang paling banyak diminati yaitu produk dengan nilai penjualan yang tinggi. Produk tersebut dijaga ketersediaannya guna meningkatkan penjualan. Sedangkan, produk dengan nilai penjualan yang rendah dapat dikurangi stocknya guna mengurangi penumpukan produk di gudang dan menekan biaya modal.

Bagi perusahaan bercabang yang tersebar di beberapa daerah data mining dapat digunakan untuk menetukan penyebaran produk ke setiap cabang. Karena ada produk yang penjualannya rendah di suatu daerah namun tinggi di daerah lainnya. Tujuan dari penyebaran produk ini diantaranya meningkatkan keuntungan, meningkatkan kepercayaan konsumen, mengurangi penumpukan di gudang, dan lain-lain.

Sampai saat ini penerapan data mining masih terbatas pada perusahaan besar saja. Toko-toko konvensional masih belum menerapkannya, sebenarnya implementasi data mining ini sangat menguntungkan. Namun keterbatasan tenaga ahli dan biaya menjadi alasannya.

 

Referensi:

Irsyadi, Fatah Yasin Al. 2014. Implementasi Data Warehouse dan Data Mining Untuk Penentuan Rencana Strategis Penjualan Batik (Studi Kasus Batik Mahkota Laweyan). http://journals.ums.ac.id/. Diakses 19 Maret 2019.

Maharani, Nelly Astuti Hasibuan, Natalia Silalahi, Surya Darma Nasution, Mesran, Suginam, Dian U Sutiksno, Heri Nurdiyanto, Efori Buulolo, Yuhandri. 2017. Implementasi Data Mining Untuk Pengaturan Layout Minimarket Dengan Menerapkan Association Rule. https://ejurnal.stmik-budidarma.ac.id/. Diakses 18 Maret 2019.

Ramadhani, Rima Dias. Data Mining Menggunakan Algoritma K-Means Clustering Untuk Menentukan Strategi Promosi Universitas Dian Nuswantoro. https://s3.amazonaws.com/. Diakses 19 Maret 2019.

 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun