Mohon tunggu...
Sahat Marihot Tua Silaen
Sahat Marihot Tua Silaen Mohon Tunggu... Mahasiswa Logistik Bisnis PoltekPos Indonesia

Saya ini mahasiswa yang peduli kepada kesehatan, bisnis serta sektor logistik dan memiliki blog pribadi di Logistics Indonesia yang memiliki situs blog pribadi dengan alamat link web: https://logistiic.wordpress.com Jika anda berkenan boleh mengunjungi dan meramaikan kunjungan blog saya. Terimakasih. Saya termasuk peserta sebagai Blogger/ Umum.

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Kabel Bawah Laut Penghubung Internet

3 April 2021   14:30 Diperbarui: 3 April 2021   14:56 360 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kabel Bawah Laut Penghubung Internet
technology.pk

Dilansir dari One India mengatakan bahwa kabel bawah laut ialah kabel yang diletakkan di dasar laut antara stasiun darat untuk membawa sinyal telekomunikasi melintas samudra dan  lautan. Kabel bawah laut pertama dipasang pada tahun 1850 yang masih sebatas membawa lalu lintas telegarafi.

Kabel yang dipergunakan termasuk agar dapat dihubungkan sebagai sumber informasi maupun komunikasi yang berperan penting dengan memberikan pesan yang instan.

Menurut opini dari beberapa sumber bahwa mereka mengklaim yang akan meningkatkan hubungan kapasitas sebuah koneksi antar wilayah yang dilaporkan bahwa dua perusahaan raksasa seperti facebook dan juga google bakal menggelar kabel bawah laut di beberapa negara seperti negara Paman Sam (Amerika Serikat), Singapura termasuk di negara kita Tanah Air di Indonesia

Selain itu sudah banyak masyarakat termasuk di dunia mengatakan bahwa kabel ini dianggap sebagai kabel yang terbaik agar dapat digunakan untuk sumber telekomunikasi yang disebut dengan Kabel Bawah Laut.

"Tahukah Kompasiana bahwa serat kaca yang dibungkus dengan lapisan plastik yang kadang dapat digunakan untuk melindungi dari bahan baja, sehingga transmisi data dapat bergerak dengan kecepatan yang sangat tipis ke reseptor di ujung kabel lainnya. Hal ini digunakan untuk teknologi serat optik dari kabel bawah laut yang sangat canggih dilansir dari TeleGeography"

Bagaimanakah Peranan Kabel Bawah Laut Kompasiana?

Kabel bawah laut berfungsi seperti jalan tol untuk internet yang dapat menghubungkan satu kawasan dengan kawasan lainnya dengan kecepatan, kapasitas maupun fungsi yang sama besarnya iya Kompasiana.

Perlu diketahui Kompasiana bahwa jalan tol yang lazim digunakan sebagai jalur untuk mentransmisikan data dari satu tempat ke tempat lainnya lewat internet sehingga data tersebut digunakan seperti unduhan (download), video seperti YouTube, email dan lain sejenisnya. Yang berarti bahwa jika jalan tol tersebut sedang rusak maupun sedang dalam masa perawatan maka secara otomatis transmisi pun akan terganggu.

Diketahui bahawa jumlah yang dibutuhkan untuk beban lalu lintas data yang tadinya lewat di kabel tersebut Kompasiana sehingga lalu lintas menjadi lebih sesak dan terhambat.

Ada juga yang mengatakan bahwa kabel bawah laut ini digunakan untuk instalasi bawah laut yang dipasangkan di dasar laut  dengan fungsi komunikasi yang dimana kabel menghubungkan komunikasi di daratan ke struktur lepas pantai di jarak tertentu dari garis pantai.

Instalasi ini selalu dipasang atas persetujuan pihak pusat  Hidrografi dan Oseanografi, yang digunakan untuk instalasi yang dilakukan dengan mengacu kepada peta laut, baik pihak pemiliki kabel harus melaporkan tempat instalasi dilakukan dan juga kerusakan kabel yang terjadi.

Kabel bawah laut memiliki Filamen yang membawa sinyal cahaya pada kabel yang memiliki ketebalan sangat tipis yang dapat diketahui memiliki diameter setipis rambut manusia sehingga kabel ini juga dapat digunakan untuk kabel bawah laut yang pada dasarnya memiliki ketebalan selebar selang yang dapat juga digunakan untuk menyiram tanaman.

Tahukah Kompasiana teknologi serat yang bagaimana dapat digunakan untuk mempercepat internet makin kencang. Betul banget! Efek Kabel Laut Google-Facebook yang Dapat Membuat Kecepatan internet di Indonesia Makin Cepat?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN