Mohon tunggu...
Sahat Marihot Tua Silaen
Sahat Marihot Tua Silaen Mohon Tunggu... Full Time Blogger - _

_

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Selamat Berjuang di SNMPTN 2021, "Jangan Bangga Salah Jurusan"

23 Maret 2021   18:26 Diperbarui: 23 Maret 2021   19:43 337
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

DEAR ADIK PELAJAR

Nilai kelayakan atas dirimu, bukan tentu hak dari dunia untuk menentukannya. Sebab Kalianlah yang paling tahu, seberapa layaknya dirimu untuk sesuatu hal. Buat yang salah jurusan maupun yang tidak lolos masuk SNMPTN ini belum akhir dari segalanya. Ada cukup banyak jalan menuju UNPAD, ITB, UI, UGM atau lain sebagainya. Sebagai alternatif Kampus lain. Masa depan belum mati hanya dengan satu penolakan saja, tutur J.S.Khairen sebagai penulis buku berjudul Kami Bukan Sarjana Kertas

Salah seorang rekan saya pernah berpengalaman setelah dia lulus dari SNMPTN tahun 2021 ini dia menuturkan bahwa "Dia salah satu seorang senior semenjak di sekolah menengah atas (SMA) sekaligus di Kampusnya. Dia pernah mengatakan, "Disini bisa saja sudah takdirmu, Kamu dimana sih lolos nya?".

Apapun itu yang disebabkan mengapa demikian, Statistik ialah salah satu jurusan yangjarang banget saya bayangkan sebelumnya. Tidak selembarpun saya saya ingin mendalaminya. Saya harap saya tidak memintanta, apalagi setelah saya mendengarnya demikian.

Setelah saya mendengar kabar berita dari kompas.com harian media online

Selamat untuk yang telah lulus seleksi SNMPTN 2021! Pengumuman SNMPTN telah dilakukan senin (22/03/2021)

Semenjak pada saat itu saya telah mendapat kabar bahwa saya lolos dari pelajaran statistik dari salah satu Kampus negeri yang berada di Kota saya berada.

Hiruk-piku maupun eforia setelah berlalunya SNMPTN begitu banyak air mata menetes serta bahagia walaupun saya agak berkecil hati.
Tahun selanjutnya saya telah  diberi rezeki untuk merubah arah haluan tersebut. Namun saya tidak mendapatkan kemenangannya. Alhirnya saya di semester dua saya mulai belajar untuk menerima diri saya seperti ini dan mengiklankan segala yang usai. Ini salah satu keputusan yang tidak dapat saya ulurkan kembali demikian, tidak dapat saya memberikan ini kepada orang lain. Selain daripada itu saya telah menentukan keputusan sebagai suatu pilihan baik itu yang sesuai maupun tidak sesuai.

Terlepas dari salah jurusan meskipun tepa masuk negeri ada juga saat kemarin (22/03) ialah hasil pengumuman dari program seleksi perguruan tinggi untuk seleksi nasional masuk perguruan tinggi 2021 telah di kumandangkan. Tidak seperti tahun sebelumnya, rata-rata yang mengikuti ialah siswa/i yang telah menyelesaikan kartu registrasi sbmptn tahun 2021. Bagi yang ingin registrasi harus terlebih dahulu ceck in di website yang telah di tentukan di link lembaga tes masuk perguruan tinggi. Dengan berbagai macam variasi perguruan tinggi dengan tingkat jurusan yang berbeda-beda pula.

Salah jurusan meskipun diterima di SNMPTN maupun sebaliknya saya ucapkan "Selamat Anda Telah Melangkah Sejauh Ini Jangan Sampai Lengah". Pasti ada hikmat di balik semua ini, seperti kata pepatah "berakit-rakit kehulu berenang-renang kemudian". Jangan ganggu orang lain apabila mereka yang dapat masuk PTN untuk meraih impian. 

Dikarenakan semua itu belum tentu kehendak yang diingini boleh saja PTN pilihan namun belum tentu jurusan sesuai pilihan, ada juga yang nyaris dapat jurusan yang tepat namun tidak pada PTN pilihan mereka. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun