Mohon tunggu...
Sahat Marihot Tua Silaen
Sahat Marihot Tua Silaen Mohon Tunggu... Mahasiswa Logistik Bisnis PoltekPos Indonesia

Saya ini mahasiswa yang peduli kepada kesehatan, bisnis serta sektor logistik dan memiliki blog pribadi di Logistics Indonesia yang memiliki situs blog pribadi dengan alamat link web: https://logistiic.wordpress.com Jika anda berkenan boleh mengunjungi dan meramaikan kunjungan blog saya. Terimakasih. Saya termasuk peserta sebagai Blogger/ Umum.

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Prediksi Tren Tanaman Hias di 2021 Lebih "Lyfe Healthy"

14 Januari 2021   05:15 Diperbarui: 14 Januari 2021   06:08 194 7 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Prediksi Tren Tanaman Hias di 2021 Lebih "Lyfe Healthy"
Sumber gambar 99.co Bunga Lidah Mertua

Pada masa pendemi ini yang tidak kunjung terselesaikan secara optimal dapat mambuat masalah kesehatan sangat dibutuhkan. Tidak hanya masalah kesehatan banyak berbondong bondong mulai WFH, sekolah online dan membatasi diri untuk melakukan aktivitas di luar ruangan. 

Maka dari itu banyak orang berlomba lomba untuk memperindah bagian rumahnya agar dapat menghiasi, tidak hanya itu tanaman hias 2021 dipercaya dapat memberikan efek positif bagi kesehatan dan tubuh manusia. Bahkan semakin banyaknya orang berbondong bondong untuk membeli tanaman hias 2021 dan diprediksi peminatnya akan melonjak sehingga di awal tahun 2021 ini harga tanaman hias dapat melonjak tinggi dari mulai ratusan hingga sampai jutaan rupiah.

Namun dikarenakan kesehatan adalah hal utama yang dibutuhkan setiap orang tidak terkecuali demikan juga agar dapat menghilangkan jenuh yang melanda saat berada di dalam maupun di luar ruangan baik itu saat melakukan aktivitas, sekolah maupun saat kerja remote di rumah. Solusinya tanaman hias.

Bagi kompasianer membutuhkan informasi lebih lyfe healthy ? Karena 2 hal yang berharga  yaitu kesehatan dan keindahan.

Lidah Mertua (Sansevieria)

Lidah mertua salah satu jenis tanaman hias yang memiliki nama latin dengan sebutan sansevieria dapat dijadikan sebagi tanaman hias yang asri dan indah untuk dapat anda pajang di dalam maupun diluar ruangan rumah anda. Dikarenakan lidah mertua mempunyai beberapa manfaat sebagai penghias diantaranya sebagai berikut ini:

Dapat membuat rambut bersinar sebagai tanaman yang memiliki manfaat untuk kecantikan dengan menggunakan tanaman ini berfungsi untuk merawat rambut agar tampak bersinar atau berkilau; Kemampuan untuk menyerap polusi udara (misal CO2) sebagai tanaman hias tidak semua memiliki kemampuan untuk menyerap polutan atau udara yang  tercemar tinggi ; Menyembukan sakit kepala sebagai tanaman hias orang orang zaman dahulu kala menggunakan lidah mertua sebagai pengganti obat sakit kepala.

Misalkan mereka mengalami sakit kepala maka mereka akan memilih tanaman hias ini karna sudah terbukti berkasiat; Dapat mengobati sindrom Gedung sebagi tanaman hias dapat mengobati atau mencegah sindrom dengan nama latin sick building sindrome yang sering diderita orang yang tinggal di dalam ruangan yang tidak bersih atau tidak sehat; Mengurangi radiasi sebagai tanaman hias dapat memberikan manfaat agar dapat mengurangi radiasi sehingga ada baiknya untuk menyimpan tanaman lidah mertua disamping barang barang elektronik seperti (TV, Laptop dan elektronik yang berada di dalam rumah seperti Komputer atau smartphone dimisalkan); Menertralkan aroma tidak sedap dikulkas dimisalkan sebagi tanaman hias dapat emebrikan manfaat  selain dapat meyerap CO2  dapat menyerap aroma tidak sedap seperti bau kulkas dengan kompasianer menaruh potongan tanaman lidah mertua di dekat pintu rumah kompasianer, selain itu untuk rumah produksi seperti pabrik yang memiliki aroma tidak sedap saat ada pekerja di pabrik tanaman mertua sebagai solusi agar terhindar dari bau tidak sedap itu dikarenakan dapat mereduksi (mengurangi ion negatif dari senyawa berbahaya)  agar tidak terhirup oleh para pekerja.

Lidah mertua juga banyak dijual di market place seperti tokopedia, shopee, bukalapak, blibli, olx bahkan di economy.okezone. Tidak tanggung tanggu selain ada harga bunga mertua murah ada juga bunga mertua yang dipatok dengan harga selangit. Misal lidah mertua dijual murah di tokopedia seharga Rp 12.500 bahkan ada juga yang mematok lidah mertua seharga selangit saya mengetahui informasi tersebut dari economy.okezone.com dari sumber mengatakan bahwa ketua panitia kontes Mertua Lutfi menuturkan lidah buaya yang dijual dengan harga Rp 350 Juta itu milik seorang kolektor asal Surabaya bernama Sentot Didik Purnomo.

Sumber gambar 99.co Happy Bean Plant
Sumber gambar 99.co Happy Bean Plant
Happy Bean Plant

Happy bean merupakan tanaman hias tropis yang tumbuh dengan lambat namun tetap kokoh serta tanaman ini juga memilki nama latin lain dengan sebutan peperomia. Dikarenakan tanaman Happy Bean Plant memiliki manfaat utama sebagai penghias ruangan, tanaman ini juga memiliki manfat lain sebagai berikut ini: Dapat meningkatkan daya ingat atau daya produktifitas; Menurut penelitian dari Norwegian university of life Sciences menemukan bahwa jika berada disebelah atau sisi dekat tanaman hias ini dapat meningkatkan konsentrasi, daya ingat dan produktivitas; Tanaman hias yang mampu mengurangi penyebaran polutan (CO2) di lingkunga sekitar; Mempercepat daya penyembuhan luka pada pasien (Tanaman ini memiliki kemampuan yang sangat efekti untuk menyembuhkan luka para seperti pasca operasi dengan kemampuan benag benang febrinogen/ fibrin); Dapat meningkatkan oksigen (O2) diudara di dalam ruangan; Serta dapat melembabkan udara dan dapat mencegah penyakit dari penelitian the Agricultural University of Norway menunjukkan bahwa proses ini dapat menyumbang sekitar 10% dari kelembapan udara, jika tanaman ini diletakkan dekat dengan dalam ruangan dapat mengobati penyakit seperti batuk, pilek  atau sakit tenggorokan. Untuk harga tanaman ini saya belum bisa memastikan berapa, tapi kalau semakin banyak peminat tanaman hias pasti harganya di patok harga selangit.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x