Mohon tunggu...
Lyfe Pilihan

Prediksi Tren 2021 Menurut Netizen Media Info

6 Januari 2021   06:00 Diperbarui: 6 Januari 2021   06:07 321
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hai kompasianer! saya mau coba kira kira hal apa saja yang akan menjadi tren 2021. Menurut anda apa yah. Kalau tren tahun 2020 saat pandemi menyerang hal yang populer adalah masker; vitamin C/ handsanitaizer, sedangkan permainan yoyo populer pada tahun 2000, permainan kartu pokemon adalah hal yang populer tahun 1990 an.

Tapi tidak dapat dipungkiri akibat jaman globalisasi yang berkembang menyebabkan tren 2021 seakan akan telah tergerus oleh teknologi.

Sumber Vitamin C dari Apotek
Sumber Vitamin C dari Apotek

Sehingga dapat disimpulkan tahun ini masuk pada era globalisasi yang mengandalkan untuk segala hal yang diperlukan misal seperti membuat konten untuk pemasaran.Menurut saya ada 4 hal yang akan menjadi tren pada tahun 2021, diantaranya sebagai berikut: Media Sosial adalah sebuah platform online yang digunakan satu sama lain dimana penggunanya bisa dengan simple untuk berinteraksi, bersosialisasi, saling share satu sama lain, menciptakan isi blog (misal blog seperti Kompasiana), forum dan virtual tanpa batasan baik waktu maupun ruang.

Contoh media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, spotify, Telegram, WhatsApp, YouTube, Microsoft Team, Line, Tiktok, Snapchat, Viber, WeChat, media blog seperti wordpress, blogger, beyond blogger Kompasiana, Wiki, media virtual untuk meeting seperti zoom, google meet. Media sosial juga akan mendominasi tahun ini. Outlet media tradisional seperti media cetak misal surat kabar, radio, siaran TV.

Ada beberapa fitur untuk media sosial seperti: menghubungkan profil pengguna sosial dengan pengguna kelompok, aplikasi yang dirancang untuk pengguna media sosial, website, pembuatan konten dari pengguna blogger misalnya.

Dalam konteks media sosial, klasifikasi akan dibuat berdasarkan degree social presence dan richness of the medium. Berdasarkan teori tersebut media social dapat dibagi menjadi:

  • Webblog (blog), webblog adalah konten web yang dikelola untuk digunakan dan difasilitasi pengembangan atau pengelolaan dari web dengan strukture histori yang membutuhkan update berkelanjutan. Contoh blog diantaranya; wordpress, blogger, tumblr.
  • Collaborative Project merupakan kreasi dari sebuah konten dengan beberapa multi user konten. Contoh ensklopedia online wikipedia.
  • Social Networking Site (SNS) adalah sebuah aplikasi agar pengguna dapat terhubung dengan membuat profil berisi data diri, mengudnag rekan untuk dapat mengaksesnya untuk saling berkirim pesan, email.
  • Content Communities bertujuan untuk berbagi konten untuk beberapa penggunanya. Contoh teks, photo, vidio, power point.
  • Virtual Social Word memungkinkan para penghuninya untuk memilih perilaku mereka secara lebih luas.
  • Virtual Game World merupakan bagain penting dari salah satu virtual world dalam konteks multiplayer sehingga beberapa pemain memungkinkan tersebar secara bersamaan.

Semua tentang kesehatan adalah semua bertemakan tentang kesehatan akan diutamakan oleh masyarakat secara keseluruhan dari mulai gaya hidup sehat sampai dengan supplemen. Kenapa, tahukah kompasianer mengapa demikian. Dikarenakan kondisi pandemi covid yang telah bermutasi hampir di seluruh dunia. Mengakibatkan gaya hidup sehat akan lebih diutamakan dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari hari. Misalkan karena adanya adat kebiasaan baru dari pemerintah mengakibatkan masyarakat ramai ramai menggunakan 3 M yaitu menggunakan masker, memakai hand sanitizer, menjaga jarak. 3 M merupakan gaya hidup sehat sehingga ramai ramai masyarakat akan beramai ramai membeli suatu produk kesehatan. Istilah yang disebut pembelian secara beramai ramai yaitu panic buying. Apakah kompasianer mengenal dengan apa namanya panic buying.

Sumber Masker
Sumber Masker

Panic buying adalah sebuah kondisi dimana masyarakat beramai ramai membeli segala jenis kebutuhan tertentu ataupun barang yang di ingini kdikarenakan rasa cemas maupun kawatir dikarenakan sesuatu hal yang buruk terjadi secara tiba tiba mengakibatkan hal itu terjadi, misalkan karena rasa kecemasan masyarakat pada era pandemi ini masyarakat menjadi panic/ kawatir tidak memiliki produk kesehatan tersebut. Sehingga hampir seluruh produk supplemen, masker, hand sanitizer, maupun supplemen seperti vitamin C, maupun gaya hidup untuk kesehatan. Panic buying otomatis menjadi gaya hidup sehat yang harus dimiliki oleh masyarakat luas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun