Mohon tunggu...
Sahal Fawaiz
Sahal Fawaiz Mohon Tunggu... Belajar nulis,

Physiscs Education

Selanjutnya

Tutup

Digital

Belum Selesai Pelatihan IT dan Desain Grafis, Perangkat Desa Sudah Minta Buat Grup untuk Pendampingan

11 Juli 2019   17:20 Diperbarui: 11 Juli 2019   17:23 0 0 0 Mohon Tunggu...

Administrasi desa merupakan salah satu bagian penting dalam pemerintahan desa. Kegiatan administrasi desa meliputi persuratan, pengarsipan, laporan kegiatan dan lain-lain. Pengelolaan administrasi desa yang sistematis akan berakibat pada kinerja dan kualitas pemerintahan suatu desa.

Kemajuan teknologi mempermudah perangkat desa untuk mengatur administrasi desa dengan berbasis komputer. Banyak aplikasi komputer yang umumnya digunakan untuk administrasi desa, seperti Microsoft Office. Tidak perlu lagi menggunakan mesin ketik manual yang rumit dalam penggunaannya. Dengan berbasis komputer, perangkat desa dapat mengedit, membuat grafik, membuat bagan, menambahkan header/footer hingga membuat daftar isi.

Namun, pada kenyataannya 66,6 % dari perangkat desa masih tergolong rendah dalam menangani administrasi desa. Mereka lebih memilih mengedit file yang memiliki format yang hampir sama untuk membuat dokumen baru karena kurangnya keterampilan penggunaan aplikasi Microsoft Office.

Rendahnya keterampilan penggunaan aplikasi Microsoft Office berakibat terhadapnya kurang baiknya pelayanan terhadap masyarakat. Masyarakat merasa tidak puas karena pelayanan yang diberikan lebih lambat dari yang diharapkan.

Keterampilan desain grafis juga tidak kalah penting untuk dimiliki perangkat Desa. Sehingga tidak hanya bisa memesan saja di percetakan, yang berakibat terhadap lamanya waktu pemesanan dan tambahan ongkos pendesainan. Jika perangkat desa memiliki keterampilan desain grafis, untuk mendesain desain banner, pamflet atau pun yang lainnya akan lebih sesuai dengan program kerja yang mereka akan laksanakan dibandingkan jika mereka mememan desain di percetakan.

Pada kenyataannya, tidak satu pun perangkat Desa Sempol yang bisa menjalankan aplikasi desain grafis. Semua kebutuhan desain baik banner, spanduk, pamflet dan yang lain-lain dipesankan kepada percetakan.

Sehingga perlu diadakannya pelatihan dan pendampingan Microsoft Office  dan CorelDraw kepada perangkat Desa Sempol. Microsoft Office meliputi Microsoft Word, Excel, dan Power Point. Aplikasi tersebut sangat sering digunakan perangkat desa untuk keperluan administrasi.