Mohon tunggu...
Sagita Regina
Sagita Regina Mohon Tunggu... Freelancer - Seorang Mahasiswa

Seorang mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Partisipasi Mahasiswa KKN UM Dalam Penyembelihan Hewan Kurban di Desa Selorejo Dau

23 Juli 2021   23:26 Diperbarui: 24 Juli 2021   00:02 20 1 1 Mohon Tunggu...

Idul Adha merupakan salah satu hari raya besar bagi umat Islam. Hari Idul Adha dilakukan dalam rangka memperingati peristiwa Nabi Ibrahim yang bersedia mengorbankan putranya sebagai bentuk kepatuhan kepada Allah SWT. Perayaan hari Idul Adha biasanya dilakukan dengan sholat Id dan dilanjutkan dengan penyembelihan hewan ternak seperti sapi dan kambing. Seperti halnya warga di daerah lain, warga Desa Selorejo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang juga melakukan perayaan hari Idul Adha tersebut.

Perayaan hari Idul Adha tersebut berlangsung di Masjid Miftakhul Jannah, Desa Selorejo. Adapun jumlah  hewan qurban yang disembelih adalah sebanyak 44 ekor, dengan rincian sapi sebanyak 4 ekor dan kambing/domba 40 ekor. Dalam perayaan hari Idul Adha tersebut, mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang (UM) juga ikut untuk membantu pelaksanaan dan turut memeriahkannya. Partisipasi mahasiswa KKN UM berlangsung selama 2 hari, yaitu mulai hari Senin (19-07-21) sampai dengan acara selesai yaitu di hari Selasa (20-07-21).

Pada hari Senin mahasiswa KKN UM membantu membersihkan masjid yang akan digunakan untuk sholat Id di hari Selasa. Setelah membersihkan masjid, dilanjutkan dengan membantu takmir masjid menyiapkan seluruh keperluan untuk shalat berjamaah. Hari Selasa pagi, mahasiswa KKN UM melaksanakan sholat Idul Adha dan dilanjutkan makan bersama di masjid sebagai suatu bentuk budaya dari warga Desa Selorejo.

dokpri
dokpri
Tidak berselang lama, penyembelihan hewan kurban pun dilakukan. Mahasiswa KKN UM ada yang membantu menyembelih dan juga ada yang membantu ibu-ibu memasak untuk sarapan dan makan siang. Mahasiswa laki-laki membantu dalam penyembelihan domba, kambing dan sapi. Tidak hanya itu, namun juga membantu dalam pemotongan daging yang akan dibagikan nantinya ke seluruh warga desa.

Mahasiswa KKN UM juga membantu panitia dalam hal penimbangan daging yang akan dibagikan ke warga. Kegiatan ini dilakukan oleh mahasiswa perempuan setelah membantu menyiapkan makanan di dapur bersama ibu-ibu warga Desa Selorejo. Alhamdulillah, hasil dari perayaan Idul Adha di Desa Selorejo adalah sebanyak 750 kantong daging dan selanjutnya didistribusikan ke seluruh warga Desa Selorejo di hari itu juga.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN