Mohon tunggu...
Safniyeti
Safniyeti Mohon Tunggu... Penjelajah kata

Aku adalah Aku. Kamu adalah Kamu. Tidak ada satu pun orang yang sama persis pencapaiannya.

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Akibat Corona, Hidup Jadi Lebih Irit dan Sehat

2 Juli 2020   02:09 Diperbarui: 2 Juli 2020   02:01 142 24 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Akibat Corona, Hidup Jadi Lebih Irit dan Sehat
Ilustrasi. (Sumber: Kompas.com).

Kenapa hidup bisa lebih irit dan sehat karena Corona?

Banyak yang berubah sejak Corona hadir ke bumi pertiwi ini. Kebiasaan dan cara hidup mulai berubah. Cenderung ke arah lebih baik kalau dari cara pandang saya. 

Dua hal yang terpenting dalam hidup ini adalah kesehatan dan keuangan. Sejak pandemi ini, keduanya harus ditekan. Kesehatan harus ditingkatkan sedangkan keuangan harus diturunkan. 

Kenapa keuangan harus diturunkan? Kita tahu selama PSBB, otomatis segala aktivitas luar rumah harus dihentikan. Yang biasanya mendapat jam tambahan mengajar, sore harinya mengajar les privat, weekend ada kegiatan ekstrakurikuler, selama pandemi tak bisa dilakukan lagi. 

Pemasukan semakin berkurang, sementara untuk meningkatkan imun membutuhkan makanan yang sehat. Saling berkaitan bukan? Maka kita dituntut untuk lebih jenius menghadapi pandemi ini. 

Keuangan 

Saya rasa selama pandemi ini, mengurangi pengeluaran karena kehilangan pekerjaan itu wajib. Ya alasannya untuk bertahan hidup. Kita harus pintar-pintar memilih apa yang butuh dan apa yang diinginkan. 

Namun dibalik itu semua, ada pula tersirat hal lain. Efek lain dari Corona, banyak kejadian di luar kebiasaan kita sebelumnya. Kebiasaan baru itu secara tidak langsung mengajarkan kita untuk bergaya hidup sederhana.

Menggelar resepsi pernikahan biasanya dilakukan di sebuah gedung besar, kemudian mengundang ribuan orang, menyediakan beragam makanan. Sekarang tak lagi seperti itu. Tak ada lagi resepsi pernikahan mewah, yang ada hanya pernikahan sederhana, dihadiri oleh kerabat dekat saja.

Lebih irit bukan? Anggaran sewa gedung, catering, cetak undangan, souvenir, dan sebagainya bisa di save untuk keperluan lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x